Penggiat Pelancongan Dunia Diskusi Bareng Bupati Citra Duani

11
Berdiskusi. Para penggiat pelancongan dunia berdiskusi dengan Bupati Kayong Utara, Citra Duani di Istana Rakyat, Pendopo Bupati Kayong Utara di Sukadana, Selasa (16/10). Kamiriluddin/RK.

eQuator.co.id – Sukadana-RK. Penggiat pariwisata dunia bertandang di Istana Rakyat, Pendopo Bupati Kayong Utara di Sukadana, Selasa (16/10).

Acara tersebut dihadiri beberapa penggiat pelancongan dunia yang didampingi Traveler Eko Wahyudi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kayong Utara, Mas Yuliandi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kayong Utara, Santun Simorangkir, Kepala Resor Sukadana dan Cagar Alam Karimata Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (KSDA) Kalbar, Uray Iskandar dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kayong Utara, Citra Duani menyampaikan beberapa persoalan ihwal kelautan kepada wisatawan. Sebagai gambaran persoalan-persoalan yang dialami Pemerintah Kayong Utara. Seperti hasil laut di daerah kepulauan yang tidak dapat dikelola dengan maksimal, karena Cagar Alam Laut (CAL) Karimata.

“Pelabuhan ekspor di Kayong Utara tidak ada. Akan tetapi di Belitung, Provinsi Bangka Belitung ada pelabuhan ekspor. Hasil laut dari Kepulauan Karimata dikirim ke Belitung. Akhirnya Belitung yang menjual ikan-ikan kita ke Singapura, Thailand, Tiongkok hingga ke Jepang dengan nilai tinggi. Kita akan mencoba mengamankan laut kita,” ujar Citra Duani saat berbincang dengan para traveler dari beberapa negara ini.

Sementara itu, ada beberapa pertanyaan yang diutarakan para penggiat pelancongan dunia terkait pulau yang dapat dibuka untuk kunjungan wisatawan, Bupati Citra Duani mengungkapkan bahwa dirinya sudah memikirkan beberapa konsep untuk membangun homestay (rumah singgah) di Pulau Juante, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana.

“Kita memang ada rencana untuk mengembangkan beberapa daerah kepulauan. Seperti Pulau Juante yang saat ini tidak berpenghuni,” ulasnya.

Usai berdiskusi, akhirnya Bupati Citra Duani mengajak para penggiat pelancongan dunia makan siang. Dengan hidangan khas Melayu Kayong Utara.

Sekadar diketahui bahwa penggiat pelancongan dunia tersebut adalah David Hugh dari Kanada, Liliana dan Vlaf-Gabriel yang keduanya berasal dari Rumania, Mong Ngoc dari Belanda dan Ben Hutchinson dari Australia. (lud)