Pemkot Komitmen Berantas Narkoba

Dapat Penghargaan dari BNNP Kalbar

14
PENGHARGAAN. Dodi Riyadmadji menyerahkan penghargaan dari BNNP Kalbar kepada Edi Rusdi Kamtono di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (12/7). Gusnadi-RK
PENGHARGAAN. Dodi Riyadmadji menyerahkan penghargaan dari BNNP Kalbar kepada Edi Rusdi Kamtono di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (12/7). Gusnadi-RK

eQuator.co.idPONTIANAK-RK. Pemerintah Kota Pontianak menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalbar di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (12/7). Penghargaan diberikan lantaran Pemkot Pontianak dinilai berpartisipatif mensukseskan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Penghargaan diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji kepada Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Banyak yang telah dilakukan Pemkot Pontianak dalam P4GN. Di antaranya sosialisasi bahaya narkoba. Termasuk mendeklarasikan kampung bebas narkoba.
Edi menyatakan, penghargaan ini menjadi motivasi bagi pihaknya. Kemudian menjadi pembelajaran bagi jajaran Pemkot Pontianak agar lebih giat melakukan upaya-upaya pencegahan, penanggulangan dan mengatasi korban-korban akibat penyalahgunaan narkoba.
“Harapan kita sebisa mungkin Kota Pontianak bebas dari narkoba. Kita sudah mendeklarasikan Kampung Bebas Narkoba. Kita harapkan beberapa kelurahan juga melakukan hal yang sama,” terangnya.
Menyukseskan P4GN memang tidak mudah. Banyaknya pengaruh narkoba dari luar senantiasa mengintai masyarakat. Namun pihaknya berhasil meninimalisirnya, terutama di jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Pontianak. Salah satu melalui kerja sama dengan BNNK Pontianak melakukan tes urine terhadap ASN.
“Ini dalam rangka upaya kita untuk mencegah jangan sampai ada aparatur yang menjadi pengguna narkoba,” tegasnya.
Sadar peredaran gelap narkotika masih ada di Kota Pontianak, langkah lain yang dilakukannya adalah selalu berkoordinasi dengan BNN, Polda dan Polresta. Untuk mengantisipasi supaya peredaran narkoba tidak meluas.
“Kita juga lakukan monitoring terhadap tempat-tempat hiburan malam, kos dan titik-titik yang dianggap rawan,” lugas Edi.
Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji menuturkan, apa yang dilakukan Pemkot Pontianak merupakan bukti bahwa pemerintah senantiasa berkomitmen memberantas peredaran narkoba serta mendukung P4GN. Apa yang diraih Pemkot Pontianak ini, ia berharap dapat diikuti pula oleh kabupaten/kota lainnya di Kalbar.
“Saya harap ini dapat menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya dalam upaya memberantas peredaran narkotika,” pesan Dodi.

 

Laporan: Gusnadi

Editor: Arman Hairiadi