Patung kok Disebut Kerangka Manusia

14
HOAX

eQuator.co.id – ULAH para peternak akun Facebook makin meresahkan. Mereka menggunakan nama-nama agamais untuk mencari pengikut dan like. Ironisnya, akun-akun tersebut menyebarkan hoax. Modalnya mencari gambar-gambar aneh yang mungkin tidak banyak diketahui publik.

Salah satu contohnya adalah akun Facebook Islam Indah (Fb.com/islamindahcom) berikut ini. Pada 1 Agustus 2018, mereka mengunggah sebuah foto bawah air. Di foto itu ada penampakan seperti karang. Bentuknya menyerupai manusia.

’’Di temukan kerangka manusia yang mengeras menjadi batu di perairan mediterania, dan ajaibnya kerangka tersebut sujud tepat menghadap ke Ka’bah. Subhanallah. Ketik ’’amin’’ semoga Allah membuat kematian kita menjadi husnul khatimah. Amiin. Bagikan kiriman ini untuk membuktikan cinta kalian kepada Allah swt.’’ Begitu tulis akun Islam Indah tersebut.

Dari pencarian di internet, benda yang disebut kerangka manusia yang membatu itu merupakan sebuah patung karya Jason de Caires Taylor. Dia adalah pematung sekaligus fotografer profesional yang punya keahlian bawah laut.

Foto yang diunggah akun Islam Indah itu merupakan karya Taylor yang ditempatkan di sebuah perairan di Meksiko. Sebenarnya, sudah banyak berita maupun tulisan di internet tentang Taylor dan karya-karyanya. Cuma, yang berbahasa Indonesia memang tidak banyak. Anda bisa melihat karya-karya Taylor, termasuk seperti yang dibagikan akun Islam Indah, di situs underwartersculpture.com. (Jawa Pos/JPG)