Paskibra Kayong Utara Dikukuhkan

15
Dikukuhkan. Pj Bupati Kayong Utara, H Syarif Yusniarsyah resmi mengukuhkan Paskibraka Kayong Utara di Pendopo Bupati Kayong Utara, Selasa (14/8). Kamiriluddin/RK.

eQuator.co.id – Sukadana-RK. Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, DR H Syarif Yusniarsyah secara resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Pendopo Bupati Kayong Utara, Selasa (14/8).

Dalam kesempatan itu, H Syarif Yusniarsyah mengucapkan selamat kepada anak-anak yang terpilih menjadi Paskibra Kayong Utara 2018. “Kegiatan pengukuhan ini merupakan suatu langkah awal bagi anak-anak kita. Anggota Paskibra Kabupaten Kayong Utara merupakan putra-putri terbaik yang mendapat kepercayaan dan kehormatan. Untuk mengemban tugas mulia yaitu pengibaran bendera merah putih pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 pada tanggal 17 Agustus besok,” ujar H Syarif Yusniarsyah.

Ia berharap, amanah dan kepercayaan yang diberikan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Dengan penuh semangat dan tanggungjawab. “Sebagai anggota Paskibra kalian harus memiliki semangat dan disiplin yang tinggi. Dalam mengemban tugas mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 17 nanti. Sebab ditangan kalianlah, letak sukses tidaknya upacara peringatan kemerdekaan RI di Kayong Utara,” tegasnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Syarif Yusniarsyah sedikit mengulas sejarah bangsa. Dikatakannya, kalau sejarah telah mencatat bahwa kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia merupakan hasil perjuangan dari para pendahulu bangsa. Mereka telah berkorban demi tercapainya kedaulatan bangsa yang bebas dari cengkraman penjajahan.

Puncak dari peringatan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, ditandai dengan dikibarkannya sang saka merah putih. Setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan oleh Ir Soekarno pada 17 Agustus 1945.

“Dengan berkibarnya sang saka merah putih tersebut dapat dimaknai sebagai tanda dimulainya bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, yang memiliki cita-cita mulia. Untuk menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” paparnya.

Kepada Paskibra, ia berpesan untuk terus tanamkan rasa kebanggaan di hati. Dalam pelaksanaan tugas nantinya jaga selalu kekompakan, saling menghargai dan menghormati sesama anggota Paskibra serta disiplin yang tinggi.

“Pesan saya kepada Paskibra yang dikukuhkan ini agar dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Dan selalu menjaga persatuan dan persaudaraan yang terjalin selama mengikuti pelatihan. Demi tercapainya tujuan bersama mengibarkan sang saka merah putih sebagai lambang kehormatan negara pada posisi puncaknya,” harapnya.

Reporter: Kamiriluddin

Redaktur: Andry Soe