Opening Kantor Kas Daerah Bank Kalbar di Pasar Flamboyan

208
H. Sutarmidji

eQuator – Upaya mendekatkan sekaligus memberikan pelayanan serta memperluas jaringan di masyarakat, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar, Sabtu (14/11) pagi membuka operasional kantor kas daerah, yang berlokasi di dalam Pasar Tradisional Flamboyan, di Jalan Gajah Mada Pontianak.

Direktur Utama Bank Kalbar, Sudirman H. Muhammad Yusuf menerangkan, pembukaan kas daerah ini untuk terus mempererat hubungan yang selama ini telah terbina dengan Pasar Flamboyan di bawah Kantor Cabang Flamboyan. Sehingga pihaknya merespon cepat, bantuan dari Pemerintah Kota Pontianak yang menyediakan tempat untuk disewa oleh pihaknya. Hal itu penting untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat khususnya kepada 1.000 lebih pedagang di pasar tersebut.

“Kita berharap warga khususnya pedagang dapat bertransaksi di Bank Kalbar, khususnya di kantor kas daerah Pasar Flamboyan yang akan beroperasional mulai pukul 05.00-13.00, setiap hari mulai hari Senin sampai Minggu,” ujarnya.

Selain itu, dengan adanya kantor kas ini, pedagang juga dapat memanfaatkan segala produk yang disediakan Bank Kalbar. “Termasuk mendapatkan kemudahan kredit. Seperti kredit usaha mikro dan lainnya yang tersedia dengan suku bunga yang kompetitif,” paparnya.

Sementara itu, Walikota Pontianak, H. Sutarmidji menyatakan dukungan yang diberikan Pemerintah Kota Pontianak merupakan hal atau mempermudah masyarakat, khususnya yang hendak berbelanja di pasar tradisonal terbesar tersebut.

Ia juga mengajak masyarakat khususnya pedagang di Pasar Flamboyan, untuk lebih dekat terhadap akses Perbankan sehingga bagi pedagang tidak lagi menggunakan jasa rentenir jika memerlukan dana.

“Mengubah konsep tidak lagi menyimpan uang di rumah masing-masing atau di bawah kasur serta dapat menabung di bank. Terlebih saat ini Bank Kalbar terus menggenjot penyaluran kredit usaha rakyat (Kur) dengan bunga yang diturunkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sutarmidji berharap, dengan adanya kantor kas daerah Bank Kalbar di Pasar Flamboyan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian di Kota Pontianak serta dapat menggairahkan kembali UMKM.

“Kita berharap Bank Kalbar dapat terus memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk masyarakat atau pedagang dalam mendapatkan kredit atau jasa perbankan lainnya,” ulasnya.

Sedangkan kantor kas daerah Bank Kalbar di Pasar Flamboyan ini merupakan kantor percontohan. Sehingga apabila telah berjalan dengan baik maka Bank Kalbar berencana akan mengembangkan kantor kas serupa di beberapa titik di pasar tradisional lainnya di Kota Pontianak, yang sebelumnya dirangkul oleh kantor pelayanan di sekitar area tersebut.

Reporter: Gusnadi

Redaktur: Andry Soe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here