O-degree Produk Lokal yang Menasional

Mardalina Handayani/Pelopori Produk Kecantikan Aloevera O-degree

eQuator.co.id – Berada sejajar digaris lintang khatulistiwa membawa keberkahan tersendiri bagi Kota Pontianak, Provinsi Kalbar. Salah satunya tanaman lidah buaya atau aloevera yang tumbuh subur di sini.

Selama bertahun-tahun silam, tanaman aloevera sangat terkenal dan diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, tak terkecuali bagi perawatan kulit dan kecantikan. Namun sayangnya, aloevera sendiri belum memiliki turunan dalam bentuk kosmetik.

Masyarakat umumnya, lebih menikmatinya sebagai penganan atau minuman khas yang enak dan menyegarkan.

Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan Mardalina Handayani, perempuan kelahiran Sanggau, 15 April 1986 silam ini untuk menggarap potensi langka tersebut. Bersama beberapa orang teman di Kota Pontianak yang rindu untuk membangun Kota Pontianak, lulusan S1 Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untan Pontianak ini mempelopori berbagai produk kecantikan dari turunan bahan alami aloevera. Dengan brand O-degree.

O-degree, sebenarnya telah dibangun sejak 2012 silam. Namun baru dipasarkan secara resmi ke masyarakat setelah mendapatkan sertifikasi BPOM pada 2014. Alhasil hingga saat ini, tak hanya penduduk lokal, produk-produk O-degree juga menjadi salah satu pilihan produk unggulan nasional yang berasal dari Kota Pontianak, Kalbar.

Bagaimana proses awalnya, apa saja produk-produk kecantikan yang diproduksi oleh O-degree serta seperti apa perkembangannya saat ini. Berikut petikan wawancara Mardalina Handayani, yang juga aktivis Forum Wirausaha Muda Mandiri dan Forum Kewirausahaan Pemuda Provinsi Kalbar bersama Rakyat Kalbar;

+Sebelumnya bisa Anda jelaskan sedikit profil singkat tentang O-degree ini?

-Berawal dari sekumpulan anak-anak muda yang mencintai Kota Pontianak dan ingin memaksimalkan potensi yang ada yaitu lidah buaya. Karena di sini belum ada turunan lidah buaya dalam bentuk kosmetik maka kami memutuskan untuk memproduksi kosmetik dari lidah buaya Pontianak.

Nama O-degree diambil dari garis nol derajat lintang khatulistiwa yang melewati Kota Pontianak. Nama ini digunakan agar bisa merepresentasikan Kota Pontianak sekaligus untuk semakin memperkenalkan Kota Khatulistiwa.

O-degree dibangun sejak 2012, tetapi mulai dipasarkan ke masyarakat setelah mendapatkan sertivikasi BPOM pada 2014. Kantornya berada di Tanjung Hulu agar lebih dekat dengan sentra lidah buaya.

+Apa-apa saja produk turunan aloevera yang diproduksi O-degree?

-Produk-produknya, diantaranya shampoo, aftersun cooling gel, pimples wash, lightening cream dan handbody. Semua dari lidah buaya Pontianak, yang dipadukan dengan bahan-bahan aktif lainnya.

+Bisa Anda jabarkan secara singkat apa-apa saja keunggulan dari produk aloevera yang ditawarkan ini?

-Shampoo aloevera misalnya, sangat baik dalam mencegah kerontokan dan mengembalikan kesehatan serta kelebatan rambut. Karena terbuat dari bahan alami sehingga sangat aman dipakai. Semua produk kita memiliki standar kualitas yang hampir sama dengan body shop lainnya.

+Sejauh ini, seperti apa pemasarannya?

-O-degree menggunakan sistem reseller. Kami menggunakan instagram untuk menjual produk-produk ini. Dan pengelola instagramnya adalah para reseller kami. Yaitu ibu-ibu rumah tangga yang sangat luar biasa dalam berbisnis, baik bisnis online di rumah maupun offline. Untuk base costumer service, kami sengaja membuat portal website yang bisa dikunjungi siapa saja dan kapan saja, di www.o-degree.com

Reseller kita sudah mencapai area Jakarta, Makassar, Manado, Surabaya dan beberapa kota-kota besar lainnya di Indonesia.

+Berapa harga masing-masing dari varian produk yang O-degree tawarkan ke konsumen?

-Untuk harga produk, bisa langsung dicek di instagramnya O-degree atau melalui website, www.o-degree.com.

+Selama menjalani usaha ini, apa kendala yang Anda dihadapi?

-Tentunya memang banyak kendala, baik dari segi permodalan, SDM, bahan baku logistik dan lain-lain. Tetapi semua itu kita anggap tantangan yang akan memberikan pelajaran dan ilmu yang lebih baik buat kita ke depannya agar menjadi lebih baik.

Saat ini O-degree sudah mempunyai beberapa orang karyawan. Dan yang terpenting sudah ada dua orang staf ahli terbaik untuk formulasi dan produksinya.

+Apa pendapat atau pandangan Anda tentang perhatian pemerintah atau lembaga keuangan serta permodalan semisal bank, koperasi dan lainnya dalam mendukung usaha-usaha produksi atau UMKM di Kalbar?

-Sepengetahuan saya dan menurut pengalaman saya, pemerintah dan pihak bank maupun instansi lainnya sangat kooperatif serta sangat mendukung usaha yang kita lakukan. Dari pemerintah terutama kami sering diberikan kesempatan untuk training dan melakukan pelatihan-pelatihan khusus untuk ekspor-impor. Kami juga diberikan kesempatan untuk mengikuti pameran baik skala nasional maupun internasional.

+Dari Anda pribadi, secara umum sejak kapan dan apa motivasi awalnya terjun ke dunia usaha. Dan mungkin sebelum menggeluti usaha ini ada usaha-usaha sebelumnya?

-Saya sangat senang mempelajari entrepreneurship, dari sejak kuliah sering ikut seminar-seminar entrepreneurship, dari shell live wire maupun tokoh-tokoh entrepreneur di Indonesia yang sedang berkunjung ke Kota Pontianak.

Dulu sebelum bergabung bersama teman-teman untuk usaha ini, saya pernah membuka usaha cleaning service ke kantor-kantor dan perumahan karyawan. Hanya bertahan 2 tahun, karena masih belum mapan dengan manajemen, terutama manajemen karyawan serta belum terlalu berani mengembangkan usaha.

Karyawan saya usianya lebih tua dari saya. Jadi, mereka sedikit meremehkan aturan dan ketentuan yang disepakati bersama. Susahnya di situ, klien akan komplain. Kadang juga klien malah kasi keringanan pemotongan jam kerja dan gaji tetap full. Saya tidak ingin semakin terjadi ketidakteraturan. Akhirnya saya putuskan untuk menghentikan usaha ini sampai kontrak selesai dan tidak diperpanjang.

+Selama mulai dari awal proses, merintis hingga sekarang, apakah Anda pernah gagal?

-Gagal itu sudah pasti.

+Apa penyebab Anda gagal?

-Ya kalau ditanya sebabnya, bisa jadi karena memang belum matang secara konsep maupun permodalan atau ilmu atau juga kurang pengalaman. Tapi bagi saya tidak apa-apa. Kita hanya perlu satu kali berhasil. Itu yang penting.

+Setelah usaha yang Anda jalankan saat ini, apakah Anda punya cita-cita untuk membuka usaha di bidang lain. Atau mengembangkan usaha yang sekarang. Seperti apa rencana Anda ke depan?

-Ke depannya saya berencana akan membuka kursus Bahasa Inggris khusus untuk para pelaku usaha pemula, yang saya beri nama UNITED di Jalan Merdeka, tepatnya di ruko Ayam Penyet Ria. Tujuan saya membuka kursus Bahasa Inggris khusus untuk para pelaku usaha pemula ini agar pelaku usaha di Pontianak, bisa mensejajarkan diri dan sama-sama menguasai pasaran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Reporter: Fikri Akbar

Redaktur: Andry Soe

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!