Nilai SAKIP Dinas PU Kapuas Hulu Meningkat

H.j Ana Mariana

eQuator.co.id – PUTUSSIBAURK. Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya meningkatkan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP)

Kepala Dinas PU, Bina Marga dan SDA Kabupaten Kapuas Hulu, Hj. Ana Mariana menyatakan, pihaknya telah memaparkan materi SAKIP dan Reformasi Birokrasi Perangkat Daerah kepada tim evaluasi.

“Kita ketahui bersama bahwa, sistem SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan,” tutur Ana, belum lama ini.

Dalam hal ini, jelas Ana, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara, serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku. “Laporan SAKIP terdiri dari dokumen perencanaan, pengukuran pelaporan, evaluasi dan capaian,” ulasnya.

Dengan demikian, kata Ana, nilai SAKIP dan reformasi birokrasi Perangkat Daerah Dinas PU, Bina Marga dan SDA Kabupaten Kapuas Hulu meningkat dari sebelumnya. “Bukti dokumentasi kita lengkap, kita sampaikan semua kepada tim evaluasi,” ujarnya.

Ana menambahkan, reformasi birokrasi ini sangat penting guna meningkatkan kinerja. Pemerintah daerah berharap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kapuas Hulu bisa melaksanakan reformasi birokrasi sesuai dengan tupoksi masing-masing. “Berbagai hambatan maupun permasalahan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan dengan baik, harus ditata ulang, agar terwujud tata kelola sistem pemerintahan yang baik,” pungkasnya. (dRe)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!