Muncrat Sampai 20 Meter

Pipa Air Bersih Sungai Buluh Bocor

54
PIPA AIR BERSIH: Air bersih dari Sungai Buluh telah mengalir hingga ke pemukiman warga, sayangnya saat ini terdapat kebocoran pipa di dekat bendungan sumber air. Dokumen

eQuator.co.id-Sukadana. Ada yang bocor di pipa air bersih yang bersumber dari Sungai Buluh di Desa Simpang Tiga, kecamatan Sukadana, Kayong Utara. Hal ini diungkapkan warga Dusun Parit Bugis, Saimang, Minggu (11/11).

Kata Saimang, ia melihat langsung air muncrat hingga ketinggian sekitar 20 meter. Berasal dari pipa air Sungai Buluh yang dibangun sejak tahun 2016 lalu menggunakan dana APBN.
“Air meluncur keluar dari penyambungan pipa. Sekitar 4 sampai 5 meter air yang muncrat itu tidak terputus, dan baru terputus-putus di ketinggian 20 meter,” katanya.

Pipa 16 inci yang bocor itu tak hanya di satu titik. “Ada dua titik kebocoran yang saya lihat,” tandasnya.

Kebocoran itu di pipa dekat sumber air. Tepatnya, sambung dia, sekitar satu kilometer dari bendungan air Sungai Buluh.

Sedangkan titik kedua kebocoran pipa ditemukan sekitar dua kilometer dari kebocoran pertama.

“Kebocoran pipa ini sudah berlangsung cukup lama. Mulanya kecil dan sekarang mulai membesar, mungkin sudah beberapa bulan,” timpalnya.

Sebagai informasi, air bersih yang bersumber dari Sungai Buluh telah dialirkan airnya oleh Pemkab Kayong Utara hingga mencapai pusat kota Sukadana, ibukota Kayong Utara. (lud/miq)