Motor BeAT Paling Diminati

TERBARU. Sepeda motor BeAt terbaru dipajang di Diler Astra Honda di Jalan A Yani Pontianak, Jumat (2/9). Syamsul Arifin-RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Dengan desain bodi yang terkesan lebih futuristik dan agresif, serta penambahan beberapa fitur menjadi nilai tambah All New BeAT Sporty. Sehingga penjualan jagoan matic entry level ini diprediksi lebih moncer dibanding seri lama.

“Dengan desain yang lebih segar dan sesuai keinginan konsumen, tentu kami yakin BeAT baru ini akan lebih diminati. Apalagi dengan semua kelebihan itu, BeAT baru ini hanya naik Rp100 Ribu dibanding yang lama,” ujar Arnanto Gunara, Kepala Wilayah Astra Motor Kalbar ditemui Diler Astra Honda di Jalan A Yani Pontianak, Jumat (2/9).

BeAT merupakan sepeda motor terfavorit di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari tinggi tingkat penjualan yangmencapai lebih dari 10 juta unit sejak awal produksinya pada 2007 lalu.

Kendati demikian, penjualan serie BeAT (sporty dan pop) malah kalah dengan seri Vario (125cc dan 150cc). Padahal harga Vario jauh lebih mahal. “Kalbar ini anomali, Vario malah lebih laku. Ini menandakan daya beli masyarakat Kalbar cukup tinggi,” jelas Arnanto.

Kendati demikian, Arnanto memprediksi penjualan BeAT akan melampaui Vario dalam beberapa bulan ke depan. Pasalnya secara grafik, penjualan BeAT terus meningkat. Sedangkan Vario cenderung stagnan.

“Dalam tiga bulan terakhir, penjualan BeAt sudah lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya. Tren ini akan berlanjut. Kebanyakan yang beli adalah pemakai sepeda motor pemula seperti anak SMA dan kuliahan,” ungkap Arnanto.

Secara histori, sejak 2007, Honda BeAT telah terjual 140 ribu unit di Kalbar. Kota Pontianak menjadi penyumbang terbesar penjualan dengan kontribusi 40-an persen. Sedangkan sisanya tersebar di kabupaten/kota lain.

Sementara dalam  satu tahun terakhir, rata-rata penjualan BeAT di Kalbar mencapai 1.500-an unit per bulan. BeAT Sporty menyumbang 70 persen penjualan, sementara BeAT Pop 30 persen.

BeAT sendiri sudah beberapa kali mendapatkan pembaharuan. Setelah tahun lalu mengeluarkan varian Honda BeAT Pop, kini Honda mengganti baju milik Honda BeAT Sporty.

BeAT baru ini hadir dengan desain yang lebih fresh melalui konsep styling, yakni lincah dan dinamis dengan siluet yang modern. Tampilan muka dirancang ulang dengan garis yang lebih tajam dari pendahulunya.

Pada bagian kaki-kaki, BeAT hadir menggunakan desain pelek baru yang lebih kuat dan ringan, bahkan sudah mengusung ban tubeless. Pada bagian belakang, desainya dibuat senada dengan tampilan depan yang meruncing dan tajam.

All New Honda BeAT eSP hadir mengusung mesin 110cc berpendingin udara enhanced smart power (eSP). Pada model terbaru BeAT sudah menggunsung fitur ECO Indicator yang akan menampilkan berkendara secara irit.

ECO Indicator berwarna hijau ini akan menyala di panel meter dengan tiga pola, yakni lampu ECO tidak menyala berarti pengeluaran bahan bakar boros, lampu ECO menyala menandakan pemakaian bahan bakar lebih irit, dan ketika lampu ECO indikator menyala lebih terang menandakan pengeluaran bahan bakar makin irit.

Dengan adanya fitur ini membuat BeAT lebih modern bahkan bisa dibilang “naik kelas” dari model sebelumnya. (sul)