Minimalisir Kontak dengan Pelanggan, PLN Singkawang Sosialisasikan Fitur Swadaya Catat Meter pada Aplikasi New PLN Mobile

eQuator.co.id-Singkawang. Sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah dalam masa pandemi, PLN lakukan inovasi melalui fitur Swadaya Catat Meter (SwaCAM) pada program aplikasi New PLN Mobile. Selasa (21/9)

Hal ini disampaikan Manager PLN UP3 Singkawang, Achmad Meidiansyah, bahwa apabila sebelumnya petugas PLN harus melakukan catat meter ke rumah pelanggan secara langsung, melalui fitur ini pelanggan listrik pasca bayar dapat melakukan catat meter secara mandiri.

“Ini bertujuan untuk meminimalisir kontak pelanggan dengan petugas PLN sebagai pencegahan potensi penyebaran virus Covid-19,” ujarnya

Kata Achmad, dalam kondisi pandemi dimana masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak dan mengurangi interaksi fisik, SwaCAM menjadi solusi. Pelanggan dapat melakukan pencatatan meter secara mandiri.

“Dimana pada tanggal 24 – 27 setiap bulannya dan mengetahui estimasi tagihan listriknya,” terang Meidi.

Satu diantara pelanggan pasca bayar, Wansa (42) mengaku telah menggunakan fitur SwaCAM selama 3 (tiga) bulan terakhir dan tidak mengalami kesulitan dalam melakukan catat meter.

“Dalam penggunaan aplikasinya sangat mudah diakses dan banyak fitur layanan lainnya yang memudahkan pelanggan, seperti pembayaran tagihan listrik dan pengaduan gangguan,”ucapnya.

Sementara itu, pelanggan lainnya, Jayadi (52) adanya layanan tersebut tentu lebih mempermudah, bahkan kata dia, adanya fitur SwaCAM ia merasa lebih tenang.

“Kita tidak perlu khawatir karena tidak perlu berinteraksi dengan petugas, apalagi di usianya yang masuk kategori rentan terhadap virus Covid-19,” tutupnya.

Untuk melakukan catat meter mandiri, pelanggan cukup mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka aplikasi New PLN Mobile
2. Pilih menu “Catat Meter”
3. Pilih ID pelanggan pasca bayar
4. Foto kWhmeter
5. Masukkan angka kWhmeter dan nomor handphone, lalu kirim. (Ova) rilis