Mengeringnya Danau Sentarum Jadi Fenomena Unik Wisatawan

Rapat Eksposes Persiapan Pelaksanaan Festival di TNDS

Rapat Eksposes Persiapan Pelaksanaan Festival di TNDS

eQuator.co.id – Putussibau-RK. Puncak rangkaian Festival Danau Sentarum dijadwalkan tanggal 25 – 27 Oktober 2019. Sedangkan kondisi kawasan Danau Sentarum saat mengering akibat kemarau yang sudah berlangsung cukup lama.

Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero berpendapat, jika kondisinya nanti masih demikian, maka menjadi momen menunjukan kepada wisatawan betapa uniknya Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) tersebut di kala menjadi daratan.

“Itulah kondisi uniknya, kalau kering seperti daratan, kalau tahun sebelumnya Danau Sentarum digenangi air,” ujarnya saat rapat eksposes antarinstansi terkait persiapan pelaksanaan Festival Danau Sentarum tahun 2019 di Aula Kantor Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kapuas Hulu, Senin (30/9).

Mengingat pelaksanaan tidak sampai sebulan lagi, Wabup mengharapkan panitia di tingkat kabupaten segera terbentuk. Selain itu, ia meminta agar dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan festival serupa tahun sebelumnya.

“Ini tentunya agenda rutin tahunan yang sudah tercatat sebagai agenda nasional, kita sudah masuk agenda Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, maka kita harus terus evaluasi, apa yang kurang tahun sebelumnya,” pintanya.

Melalui festival tersebut, diharapkan bisa menjadi ajang mempromosikan pariwisata di Bumi Uncak Kapuas hingga ke mancanegara. Sehingga kunjungan wisatawan terus meningkat dan pada akhirnya bisa membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.”Kita harus bisa memberi penjelasan mengenai danau kita. Jadi semua diharapkan berperan aktif dalam festival Danau Sentarum ini,” pungkas Wabup.

Rapat eksposes antarinstansi terkait persiapan pelaksanaan Festival Danau Sentarum tahun 2019 diselenggarakan guna mematangkan agenda rutin Pemkab Kapuas Hulu tersebut. Plt. Kepala Disprapar Kapuas Hulu Petrus Kusnadi mengharapkan rapat tersebut bisa menghasilkan sebuah rumusan strategis untuk mensukseskan pelaksanaan Festival Danau Sentarum tahun ini. Apalagi festival tersebut dipadukan dengan kegiatan nasional.

“Maka kegiatan ini harus kita persiapkan secara matang, karena berkaitan dengan kalender daerah kita dalam rangka promosi pariwisata di Kapuas Hulu ini,” katanya pada kegiatan yang turut dihadiri Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero, para perwakilan OPD terkait, pihak TNBKDS, NGO, Kepolisian, TNI, dan tamu undangan lainnya itu.

Karenanya, Kusnadi mengharapkan semua pihak harus peduli dengan agenda festival tersebut. Ia memastikan Disporapar sudah melakukan berbagai persiapan sesuai tugas dan fungsinya. Sehingga diharapkan Festival Danau Sentarum bisa berjalan lancar.

“Saya berharap kita terus melakukan komunikasi untuk mensukseskan pelaksanaan Festival Danau Sentarum itu,” ujar Kusnadi.

 

Laporaan: Andreas

Editor: Arman Hairiadi

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!