Menengok Latihan Paskibra HUT ke-73 RI di Sanggau Ledo

11
LATIHAN. Pelajar-pelajar SMAN di Kecamatan Tujuh Belas dan Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang in tengah mengikuti latihan Paskibra, Jumat (3/8)—Kurnadi/RK
LATIHAN. Pelajar-pelajar SMAN di Kecamatan Tujuh Belas dan Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang in tengah mengikuti latihan Paskibra, Jumat (3/8)—Kurnadi/RK

eQuator.co.id – Bengkayang-RK. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Kodim 1202/Singkawang bersama dengan Bhabinkamtibmas memberikan pelatihan dan pembinaan kepada petugas pengibar bendera (Paskibra) yang akan melaksanakan pengibaran bendera merah putih pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI nanti.

Pasukan Paskibra yang dilatih ini berasal dari pelajar tingkat SMAN di Kecamatan Tujuh Belas dan Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang. Dalam kegiatan pelatihan yang dimulai Jumat (3/8) ini, para pelatih memberikan materi teori, praktik dan peraturan baris berbaris serta kedisiplinan. Juga memberikan materi mengenai derap langkah yang semangat dan kompak sehingga akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat para Paskibra untuk melaksanakan tugas.

“Pembinaan dan pelatihan Paskibra tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan Paskibra adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsanya. Sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental maupun pikiran,” jelas Serda Junaidi, Babinsa Desa Pisak Koramil 1202-04/Sanggau Ledo, Kecamatan Tujuh Belas kepada Rakyat Kalbar, usai melatih.

Untuk menjadi seorang Paskibra, kata Junaidi, tidaklah mudah. Penuh dengan pengorbanan dan keseriusan yang sungguh-sungguh. Sebab HUT Kemerdekaan RI yang diperingati setiap 17 Agustus merupakan waktu yang paling dinanti-nantikan para siswa-siswi yang bergabung dalam pasukan Paskibra.

“Meskipun cuaca di lapangan panas dan hujan tidaklah mempengaruhi latihan Paskibra atau istilahnya hujan dan panas adalah kawan, jadi semuanya tetap bersemangat,” ucap Junaidi.

Sementara itu, Komandan Koramil 1202-04/Sanggau Ledo, Kapten Inf Juju Jakaria menyampaikan, agar para Babinsa pelatih Paskibra yang ditunjuk untuk melatih Paskibra di tingkat Kecamatan Tujuh Belas dan Kecamatan Sanggau Ledo supaya dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Babinsa yang telah dipercaya oleh satuan untuk melatih para siswa-siswi yang telah disiapkan lebihlah merangkul semaksimal mungkin. Karena untuk memberikan semangat siswa-siswi. Sebab siswa-siswi yang dipercaya mewakil sekolahnya untuk menjadi Paskibra adalah siswa terbaik dan terpilih,” ujarnya.

Disamping itu, Babinsa juga diminta tetap menjaga kesehatan dan jangan lupa sebelum melaksanakan setiap kegiatan latihan terlebih dahulu berdoa kepada Allah SWT. “Agar kita diberikan kekuatan, kesehatan dan kemudahan dalam melaksanakan latihan setiap harinya,” pungkasnya. (Kur)