Mahasiswa UGM KKN-PPM di Rasau Jaya

TERIMA MAHASISWA. Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menerima 27 mahasiswa KKN-PPM UGM sekaligus secara simbolis memasangkan baju dan foto bersama di Kantor Bupati Kubu Raya, Selas (2/7). Syamsul Arifin-RK

eQuator.co.id – KUBU RAYA-RK. Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya menjadi lokasi Kuliah Kerja Nyata dan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kedatangan 27 mahasiswa UGM yang akan melaksanakan KKN-PPM Tematik Revitalisasi Kawasan Transmigrasi yang akan berlangsung selama 50 hari diterima langsung Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, di Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (2/7).

“Alhamdulillah kami tentu terbuka dan senang dengan adanya energi tambahan (mahasiswa KKN). Karena bagaimana pun KKN adalah pengabdian masyarakat kampus, tentu bagi daerah harus dipersepsi sebagai peluang yang baik,” ujar Muda.

Menurut Muda, KKN-PPM sangat bermanfaat, tidak saja bagi mahasiswa dan kampus. Namun juga untuk daerah dan masyarakat yang menjadi lokasi kegiatan KKN. Terlebih masyarakat Kubu Raya punya modal sosial berupa keharmonisan dalam keberagaman.

“Selain membentuk kematangan melalui pengalaman baru, KKN-PPM juga dapat membangun relasi sosial para mahasiswa sekaligus memberikan manfaat tersendiri bagi pemerintah daerah setempat. Mudah-mudahan dari kegiatan ini akan banyak gagasan yang didapat termasuk juga bagaimana membangun inisiatif masyarakat. Ini hal-hal penting khususnya di kawasan perdesaan,” tuturnya.

Sementara Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM, Ahmad Agus Setiawan mengatakan ke-27 mahasiswa KKN-PPM ini berasal dari 9 Fakultas di UGM, yakni Kedokteran, Pertanian, Teknologi Pertanian, Ilmu Budaya, Teknik, Geografi, Fisipol, Psikologi, dan Filsafat.

Ia berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah menerima dan memfasilitasi program KKN-PPM UGM Yogyakarta di Kecamatan Rasau Jaya.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan semua pihak yang telah menerima kami dengan baik. Semoga program KKN-PPM ini memberikan kontribusi bukan hanya untuk pengembangan diri mahasiswa itu sendiri, melainkan juga terhadap lingkungan prakteknya,” harapnya.

 

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!