LPTQ Angkat Kualitas Dewan Hakim MTQ

8
Pelatihan dan Orientasi. Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kubu Raya menggelar pelatihan dan orientasi calon Dewan Hakim MTQ Kabupaten Kubu Raya di Hotel Harmony Inn. Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Dewan hakim merupakan salah satu unsur penentu keberhasilan ajang besar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Suksesnya penyelenggaraan MTQ baik kualitas pelaksanaan maupun prestasi sangat ditentukan kualitas sumber daya manusia dewan hakim yang bertugas. Semakin mumpuni mutu dewan hakim, sehingga semakin baik pula kualitas penyelenggaraan MTQ.

Oleh karena itu, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kubu Raya menggelar pelatihan dan orientasi calon Dewan Hakim MTQ Kabupaten Kubu Raya di Hotel Harmony Inn, Sungai Raya, 30-31 Oktober 2018. Pelatihan tersebut bertujuan guna menyiapkan sumber daya manusia berkualitas di bidang perhakiman MTQ.

“Salah satu dasar pemikiran diadakannya pelatihan dan orientasi ini adalah perlunya ketersediaan sumber daya manusia berkualitas di bidang perhakiman MTQ yang mencakup beberapa cabang. Yakni, tilawah, tahfiz, syarhil/fahmil, khattil dan sebagainya,” ujar Ketua LPTQ Kabupaten Kubu Raya, Ismail Kasim.

Pelatihan dan orientasi sekaligus menjadi satu di antara bentuk pembinaan pemerintah daerah bersama LPTQ kabupaten. Terhadap insan-insan yang berkecimpung dibidang pengembangan tilawatil quran. Hal ini sebagai wujud pembinaan keagamaan secara umum demi mewujudkan insan yang agamis.

“Secara spesifik melalui pelatihan ini para calon dewan hakim diingatkan kembali tentang bagaimana menjadi dewan hakim MTQ yang selalu berpijak diatas prinsip objektivitas, netralitas dan akuntabilitas,” harapnya.

Peserta pelatihan sebanyak 30 orang dari perwakilan seluruh kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Ada pun komposisi yang disusun, yakni 1 orang calon dewan hakim tilawah, 1 orang calon dewan hakim tahfiz dan 1 orang calon dewan hakim syarhil/fahmil.

“Narasumber sebagai pelatih sebanyak tiga orang dari LPTQ Provinsi Kalimantan Barat,” terangnya. (sul)