Lindungi Masyarakat dari Ancaman Bencana Alam

207
PADAMKAN API. Memadamkan api kebakaran lahan saat latihan bersama penanggulangan bencana, Minggu (29/11) di Rasau Jaya. IST

eQuator – Pemerintah mesti selalu siap menanggulangi bencana alam yang terjadi. Tidak hanya itu, pemerintah pun berkewajiban melindungi masyarakat dari berbagai ancaman bencana alam.

“Bencana alam bisa terjadi kapan dan dimana saja. Sehingga penting bagi petugas untuk memastikan kesiapsiagaan untuk menanggulangi berbagai bencana alam,” kata Bupati Kubu Raya H Rusman Ali SH, saat menutup latihan bersama penanggulangan bencana, di Rasau Jaya, Minggu (29/11) pagi.

Menurut Rusman Ali, pelatihan bersama antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Kubu Raya, TNI, Kepolisian, Pemadam Kebakaran (Damkar), dan Manggala Agni ini untuk menanggulangi bencana seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan. “Dalam hal ini wajib disiapkan oleh pemerintah dengan menggandeng seluruh stakholder untuk mempersiapkan penangganan bencana di Kabupaten Kubu Raya,” ujarnya.

Latihan selama sepekan tersebut juga bertujuan untuk menjalin kebersamaan antara Pemerintah Daerah,TNI, Polri serta seluruh pemangku kebijakan penangulangan bencana alam. Sebab, penanggulangan bencana tidak bisa dibebankan pada satu instansi semata, tapi harus  merupakan kerja gotong-royong. Sehingga, kebersamaan berbagai instansi terkait sangat dibutuhkan. “Intinya dalam kegiatan ini bagaiman mereka mampu berkomunikasi dengan baik dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Selanjutnya dengan sumber daya itu dapat dikerahkan untuk menanggulangi bencana tersebut,” katanya.(sul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here