Lencana Pancawarsa III untuk Rupinus

PENGHARGAAN. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sekadau memberikan penghargaan Lencana Pancawarsa III kepada Bupati Sekadau, Rupinus SH MSi. Penghargaan diserahkan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, H Suriyadi MS SSos MSi di Lapangan Sepak Bola EJ Lantu Sekadau, Kamis (30/8). Abdu Syukri

eQuator.co.id – Sekadau RK. Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Gerakan Pramuka di Lapangan Sepak Bola EJ Lantu, Sekadau, Kamis (30/8), diwarnai dengan penyerahan penghargaan Lencana Pancawarsa III bagi Bupati Sekadau, Rupinus SH MSi.

Penghargaan dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sekadau ini diserahkan langsung Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalbar, H Suriyadi MS SSos MSi usai upacara.  Selain Bupati, penghargaan serupa juga diberikan kepada Wakil Bupati Aloysius SH MSi, dan Kasat Binmas Polres Sekadau Iptu Masdar. “Ini sebagai tanda kesetiaan, kepatuhan, ketekunan dan kesungguhan sebagai anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam menunaikan tugas kewajibannya selama 5 tahun,” ujar Suriyadi disela pemberian penghargaan.

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Sekadau, Herman A Bakar SSos menyatakan, HUT Gerakan Pramuka rutin digelar oleh Kwarcab Sekadau. Di Sekadau, Pramuka telah mengikuti beberapa kegiatan di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. “Kedepan akan diadakan kegiatan Khusus Mahir Pramuka oleh Kwartir Cabang Pramuka Sekadau. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan atas dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Sekadau,” papar Herman.

Di tempat yang sama, Bupati Sekadau, Rupinus selaku inspektur upacara membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyampaikan, selamat hari Pramuka ke-57 bagi segenap jajaran dan keluarga besar Gerakan Pramuka di Indonesia dan luar negeri. “Gerakan Pramuka merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Rupinus.

Dikatakan Rupinus, Pramuka berdasarkan Setya Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap bangsa sebagai pendidikan karakter bangsa, dan berperan aktif dalam mendidik generasi milenial bangsa. Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus pembangunan nasional dengan menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia sebagai generasi bangsa untuk mempersiapkan calon–calon pemimpin bangsa di masa mendatang.

Selain upacara dan pemberian penghargaan, HUT Gerakan Pramuka juga diisi dengan pawai 1000 bendera oleh peserta kegiatan mengelilingi sejumlah ruas jalan dalam ibukota Kabupaten Sekadau. Peserta pawai terdiri dari Pramuka tingkat siaga (SD), pengalang (SMP) hingga penegak (SMA sederajat) di Sekadau.

Untuk mengamankan jalannya pawai, Polres Sekadau bersama Polsek Sekadau Hilir turut serta melakukan pengamanan. Rute pawai dari Lapangan EJ Lantu-Jalan Merdeka Selatan. Masuk ke Jalan Ahmad Yani-dan kembali ke lapangan EJ. Lantu. “Dalam pengamanan rute pawai, anggota Polsek Sekadau Hilir ditempatkan di sekitar ruas jalan yang dilalui peserta, terutama lokasi padat kendaraan, guna menjamin keselamatan peserta pawai dari start hingga finis,” jelas Kapolsek Sekadau Hilir, Iptu Topo Subroto di sela kegiatan tersebut.

 

Reporter: Abdu Syukri

Editor: Yuni Kurniyanto

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!