Launching Kartu Bantuan Pangan Non Tunai

Edi Berharap Tidak Disalahgunakan

9
LAUNCHING BPNT. Edi Rusdi Kamtono melaunching kartu BPNT di Gang Ambotin, Sungai Jawi Dalam, Pontianak Kota, Senin (5/11). Humas Pemkot for RK

eQuator.co.id – PONTIANAK – RK. Lebih dari seratus warga yang berdomisili di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial RI. Kartu bantuan tersebut diserahkan Plt Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Gang Ambotin, Sungai Jawi Dalam, Pontianak Kota, Senin (5/11).

Edi berharap BPNT ini bisa meringankan beban masyarakat tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Masyarakat diminta tidak menyalahgunakan bantuan tersebut untuk keperluan di luar sandang dan pangan. “Atau kebutuhan pokok rumah tangga,” pesannya.
BPNT ini menggunakan kartu. Hanya bisa digunakan pada mesin e-Warung. Dimana bentuknya seperti kartu ATM.

Mesinnya juga didesain sedemikian rupa. Supaya masyarakat bisa memperoleh BPNT dengan menggunakan kartu. Setiap warga yang masuk dalam daftar penerima BPNT menerima bantuan Rp110 ribu. “Uang tersebut harus dibelanjakan sesuai dengan paket yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial, yakni telur dan beras,” jelasnya.

Di Kota Pontianak, peluncuran BPNT ini merupakan pertama kalinya. Secara keseluruhan jumlah kartu BPNT se Kota Pontianak sebanyak 7.201. Dari jumlah tersebut, baru 4.219 kartu yang sudah didistribusikan kepada warga tidak mampu berdasarkan data dari Dinas Sosial Kota Pontianak.

Laporan: Maulidi Murni
Editor: Arman Hairiadi