KPU Goes to School

Beri Pemahaman Pemilu kepada Pelajar

6
GOES TO SCHOOL. KPU Singkawang menggelar kegiatan bertajuk KPU Goes to School di SMA Santo Paulus, Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur, Kamis (8/11)--KPU Singkawang for RK

eQuator.co.id – Singkawang-RK. Agar pemahaman tentang Pemilu bagi pelajar meningkat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang gencar melaksanakan program KPU Goes to School di sejumlah sekolah. Kamis (8/11) kemarin, KPU Goes to School dilaksanakan di SMA Santo Paulus, Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur.

“Tujuan dari sosialisasi tentang Pemilu kepada siswa ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pemilih pemula tentang kepemiluan,” ujar Komisioner KPU Singkawang, Khairul Abror, S.Psi, Jumat (9/11).

Selain itu, agar timbul kesadaran yang tinggi atau sikap yang positip dari pelajar terhadap demokrasi.  Artinya, ada rasa ingin tahu dan ingin mempelajari lebih banyak serta mau terlibat aktif dalam proses kepemiluan. “Namun tujuan lain adalah agar pemilih pemula bisa menjadi generasi penerus, menjadi penyelenggara kepemiluan,” katanya.

Abror juga mengimbau agar pemilih pemula bisa berdaulat untuk memiliki kesadaran yang tinggi demi mengetahui apakah dirinya sudah terdaftar atau tidak sebagai pemilih.

“Jika mengetahui sudah terdaftar, maka dia harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang calon yang akan dipilih. Sehingga jangan sampai dia memilih karena adanya tekanan dan paksaan dari pihak manapun,” ujarnya.

Apalagi mereka diiming-imingi dengan uang atau barang, tentu hal tersebut tidak berdaulat. “Jadi kami ingin pemilihnya berdaulat, agar negara kita kuat,” katanya. (hen)