Konsumsi Ikan Meningkatkan Kecerdasan

33
LOMBA MASAK. Peserta lomba masak berbahan dasar ikan di aula rumah jabatan Wali Kota Pontianak, Kamis (5/4). Humas Pemkot for RK
LOMBA MASAK. Peserta lomba masak berbahan dasar ikan di aula rumah jabatan Wali Kota Pontianak, Kamis (5/4). Humas Pemkot for RK

eQuator.co.idPONTIANAK-RK. Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kota Pontianak menggelar lomba masak berbahan dasar ikan yang diikuti Tim Penggerak (TP) PKK se Kota Pontianak, Kamis (5/4). Kegiatan yang diselenggarakan di aula rumah jabatan Wali Kota Pontianak ini untuk menggalakkan program gemar makan ikan.

Ketua II Forikan Kota Pontianak, Tita Selati Sundari M Akip mengatakan, kegiatan lomba masak ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan pemerintah pusat. Lomba ini atas kerja sama Forikan Kota Pontianak dengan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan, serta TP PKK Kota Pontianak.

“Indikator keberhasilan Forikan Kota Pontianak adalah meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Pontianak, salah satunya melalui lomba masak berbahan dasar ikan ini,” katanya.
Apabila angka konsumsi ikan meningkat, maka akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kota Pontianak. “Ikan adalah sumber protein dan Omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh manusia,” jelasnya.

Selain itu kata dia, dengan meningkatnya konsumsi ikan, maka peluang budidaya, penangkapan, pengolahan serta pemasaran produk perikanan semakin besar. Pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat dan menyerap tenaga kerja. “Semoga dengan kegiatan lomba masak berbahan dasar ikan yang kita laksanakan hari ini dapat  mendorong kreativitas kader-kader TP PKK se Kota Pontianak untuk berinovasi dalam menciptakan resep-resep yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya,” pungkasnya.

Dalam lomba masak ini, para peserta dengan berbagai kreativitasnya menyajikan beraneka ragam masakan yang berbahan dasar ikan. Hidangan masakan satu per satu dinilai juri untuk menentukan pemenang lomba. (lid)