Kolam Renang Tirta Yudha Tanjungpura Diresmikan

2617
Peresmian Kolam Renang. Tirta Yudha Tanjungpura yang dirangkai dengan kejuaraan internal antarjajaran yang berada di bawah Kodam XII/Tanjungpura. Diikuti sebanyak 80 prajurit dari delapan satuan yang ada di Kalbar. FIKRI AKBAR /RAKYAT KALBAR

eQuator – Setelah sekian lama, akhirnya Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura memiliki fasilitas kolam renang sendiri guna menunjang kebugaran fisik para prajurit dalam menunaikan beragam tugas negara.

Kolam renang yang dibernama Tirta Yudha Tanjungpura ini diresmikan oleh Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayjen TNI Toto R Soedjiman, Selasa (1/12).

“Dengan adanya penambahan fasilitas sarana olahraga di lingkungan TNI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prajurit, khususnya dalam renang militer. Sejauh ini renang militer kita menggunakan sarana yang dimiliki provinsi,” ujar Pangdam usai peresmian.

Menurutnya, keberadaan kolam renang tersebut penting sebagai sarana latihan internal prajurit. Mengingat pada kejuaraan nasional renang Peleton Tangkas (Ton Tangkas) yang diikuti oleh satuan-satuan TNI se-Indonesia di Magelang, baru-baru ini, posisi Kodam XII/Tanjungpura cukup jauh tertinggal.

“Ton Tangkas itu dua tahun sekali, untuk renang kita nomor 13 dari 15 peserta. Kita masih jauh di belakang. Jadi dengan adanya sarana kolam renang baru ini, saya berharap kemampuan prajurit bisa meningkat. Kodam tentunya harus berinisiatif melaksakan lomba secara internal di jajaran Kodam. Akan kita laksanakan itu,” lugasnya.

Meskipun demikian, tidak berarti fasilitas yang dimiliki Kodam XII/Tanjungpura ini hanya dikhususkan untuk prajurit saja, tapi juga akan dibuka secara umum bagi masyarakat tanpa terkecuali. Termasuk jika ada kejuaraan-kejuaraan daerah.

“Rencananya ke depan kita mau kembangkan sayap sebelah kanan itu, agar bisa dibangun kolam renang untuk anak dan sarana hiburan. Jadi selain cari bibit atlet bisa juga untuk rekreasi. Untuk kegiatan-kegiatan Porda bisa gunakan ini. Misalnya di Oevang Oeray padat jadwalnya, gunakan sini, koordinasikan saja,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Mukhlis menambahkan, kolam renang yang terletak sekitar 200 meter di belakang gedung kantor Kodam tersebut mulai dibangun sejak September 2014. Dengan biaya sekitar Rp8 miliar dari Kementerian Pertahanan.

“Dari Kemenhan tujuannya dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di satuan-satuan dan jajaran TNI. Termasuk diantaranya kita di sini,” jelas Mukhlis.

Peresmian Kolam Renang Tirta Yudha Tanjungpura kemarin juga dirangkai dengan kejuaraan internal antarjajaran yang berada di bawah Kodam XII/Tanjungpura.

Kejuaran tersebut diikuti 80 prajurit dari delapan satuan yang ada di Kalbar. Diantaranya, Brigif 19 Khatulistiwa, Yonif 641 Rider Singkawang, Yonif 642 KPS Kapuas, Yonif 643 Wanara Sakti Mempawah, Yonif 644 Putussibau Walet Sakti, Yon Armed 16 di Ngabang, Yon Zipur 6 SD Mempawah, Denkav 2 BC Pontianak.

Reporter: Fikri Akbar

Redaktur: Andry Soe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here