Keren, Tim Barongsai Kalbar Juara 3 Nasional

13
KEJURNAS. FOBI Kalbar yang berlaga di Kejurnas Barongsai di Padang, Sumatra Barat (9-11 November 2018). FOBI for eQuator.co.id

eQuator.co.idPontianak. Kejuaraan nasional (kejurnas) olahraga barongsai di Padang, Sumatera Barat, sudah selesai. Berlangsung 9 sampai 11 November 2018.

Ratusan peserta dari 13 provinsi unjuk gigi dalam kompetisi yang digelar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) ini. Tak mau kalah, tim FOBI Kalbar ikut dalam turnamen tersebut.

Kalbar yang diwakili Sasana Perdamaian, Sasana Group Barongsai Sejahtera (GBS) dan Sasana Vois Lion Sport, serta Sasana YPKK mencetak prestasi. Berhasil menyabet juara 3 nasional.

Rony Hendra, pemain kepala tim barongsai Kalbar, menyatakan gelar tersebut didapatkan karena kerja keras para pemain. “Keringat yang dikeluarkan, waktu latihan, semuanya terbayarkan dengan hasil yang kita dapat,” ujar Rony, Rabu (14/11).

Menurutnya, kunci utama dalam bertanding adalah konsentrasi. “Mengatur napas, mengalahkan rasa takut pada diri sendiri, dan harus mampu bermain bersih,” tambahnya.

Lelaki yang sudah menggeluti barongsai beberapa tahun belakangan ini menuturkan, hal yang sulit dilakukan adalah pergantian pemain ekor barongsai dan menserasikannya.

“Gerakan dan musik semuanya harus seirama, apalagi kita latihannya hanya sebulan,” tutur Rony. (uci/miq)