Kerajinan Kalbar Tampil di Pameran Dekranas

630
Ilustrai.NET

eQuator.co.id – JAKARTA-RK. Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kalbar, Frederika Cornelis, S.Pd didampingi sejumlah pengurus dan Ketua Dekranasda kabupaten/kota menghadiri kegiatan pembukaan Rakernas dan pameran Produk Kerajinan Nusantara yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam rangka HUT ke-36, di Gedung SMESCO, Jakarta, Selasa ( 17/5).
Frederika mengatakan kegiatan tersebut merupakan kesempatan menampilkan berbagai kerajinan daerah yang melibatkan instansi terkait.“Bagi Dekranasda Kalbar, ajang ini tentunya merupakan pengalaman yang baik dan pelajaran yang bermanfaat bagi pengurus, karena dengan kegiatan ini kita bisa mempromosikan dan mengembangkan hasil kerajinan yang ada di daerah kita, terutama tenun dan kerajinan tangan berbahan lokal,” terangnya.
Adapun kerajinan yang dipamerkan diantaranya kain tenun, kerajinan tangan berupa tas, topi, kopiah, manik-manik, kalung, mandau, serta keramik. Frederika berharap para pengurus Dekranasda kabupaten/kota dapat bekerja keras dalam mengembangkan dan menciptakan berbagai kerajinan yang ada di Kalbar, seperti tenun dan anyaman. “Semoga produk tenun lokal dan anyaman khas Kalbar bisa dikenal luas dan mampu bersaing di pasar asing. Silahkan memodifikasi bentuk, tapi tetap terjaga kualitasnya,” imbaunya.
Kegiatan pembukaan Rakernas dan gelar produk kerajinan nusantara dibuka langsung oleh Ketua Umum Dekranas, Ny. Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Pembina Dekranas. Hadir pula Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) yang merupakan paguyuban isteri-isteri Menteri Kabinet Kerja, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Saleh Husein dan Pengurus Dekranas. (fie/r)