Kepercayaan Adalah Modal Utama

eQuator – Pontianak-RK. Selain keberanian dan keyakinan penuh dengan kemampuan diri sendiri, modal utama dalam menjalani bisnis adalah kepercayaan. Sedikit saja membuat kesalahan berdampak terhadap usaha.

“Kepercayaan suatu rekan adalah modal utama kita dalam berusaha. Sedikit saja kita membuat kesalahan maka akan berdampak jelek terhadap usaha kita sendiri. Kita harus berani ambil tindakan, tetapi tetap dengan niat yang baik,” kata Lukman, pengusaha yang bergerak di bidang property dan distributor kapas kesehatan di Kalbar, kepada Rakyat Kalbar, Kamis (28/1).

Lukman memberikan saran, bagi para pengusaha start up memulailah usaha dengan hal-hal yang disenangi. “Saya kutip dari teman pengusaha kita, Chef Yuda, berusahalah dengan hobi, bisa juga dengan apa yang kita inginkn. Tapi saya juga percaya pada SUHU ONG. Usaha itu melihat dengan Rasi Badan kita. Apabila cocok pasti akan mengalir dengan adanya,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Lukman, usaha yang baik adalah usaha yang dijalankan dengan komitmen, bahwa kita konsekwen dengan apa yang telah kita pilih. “Yakin dengan dunia yang digeluti, Insya Allah. Prinsip saya, setiap apa yang kita pilih untuk menjadi usaha kita, itu lah yang harus kita tekuni dan kita pertahankan karena disepanjang jalan kita ini pasti ada peluang-peluang bisnis yang lain yang akan kita dapati. Berapapun besar atau kecil yang kita dapat itu adlah karunia Allah,” terang Lukman.

Sebaliknya, sambung Lukman, sikap menyerah kepada keadaan tidak akan menjadikan seseorang menjadi orang yang diinginkannya. “Menjadi pengusaha memang enak. Waktu, diri kita yang mengatur. Tapi mempertahankan menjadi pejuang pengusaha memang perlu waktu yang harus dilewati. Dan semakin kuat mental kita maka akan semakin kuat pula kita menghadapi tantangan dan persaingan yang ada. Pesan saya tetap, jaga kepercayaan, jaga sikap komitmen yang sudah dibangun. Insya Allah kesuksesan akan kita raih,” demikian Lukman. (fik)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!