Kebun Durian Strategis Menjadi Obyek Wisata

7
Sepeda Sehat. Bupati Kayong Utara, Citra Duani dan Wabup Kayong Utara, H Effendi Ahmad bersama rombongan bersepeda sehat di Kompleks Agro Wisata Sedahan Jaya, Minggu (2/12). Kamiriluddin/RK.

eQuator.co.id – Sukadana-RK. Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengapresiasi perangkat Desa Sedahan Jaya dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar) yang berhasil menyulap lahan perkebunan durian menjadi daerah wisata baru di Kayong Utara.

“Saya mengapresiasi kerja Pemerintah Desa Sedahan Jaya, karena mampu berinovasi menciptakan suatu hal baru. Yakni menyulap lahan perkebunan buah durian menjadi daerah agro wisata yang dapat kita tawarkan kepada wisatawan asing maupun lokal jika berkunjung ke Kayong Utara,” ucap Bupati Citra Duani ketika bersepeda sehat bersama pejabat serta komunitas sepeda sekaligus menyapa masyarakat dan meninjau pembangunan serta menikmati alam di Agro Wisata Desa Sedaha Jaya, Minggu (2/12).

Setibanya di Desa Sedahan Jaya, Bupati beserta rombongan disambut oleh kepala desa serta diajak bersantai sekaligus menyantap buah durian di agro wisata yang terletak di belakang Kantor Desa Sedahan Jaya.

“Desa Sedahan Jaya yang geografisnya adalah perkebunan dan taman nasional sangat cocok jika dijadikan lokasi agro wisata. Yang di dalamnya terdapat wahana permainan ketangkasan. Seperti flying fox, halang rintang dan lain-lain. Jadi, jika tidak ada musim buah tempat ini tetap akan dikunjungi,” tuturnya.

Selanjutnya, Bupati menginginkan dibangun rumah-rumah pohon di sekitar objek wisata, khususnya di Sedahan Jaya. Karena jika ingin menarik wisatawan asing berkunjung tentu harus menyuguhkan hal-hal yang unik. Salah satunya rumah pohon.

“Untuk menarik wisatawan asing agar betah menetap di Kayong Utara, tempat seperti ini harus ada rumah pohon dan home stay yang natural. Tahun 2019 nanti melalui dinas terkait insya Allah kami akan merealisasikannya,” ucapnya.

Sementara itu, Desa Sedahan Jaya yang kaya akan buah durian pada Desember ini akan menggelar festival durian. Untuk tahun ini, Bupati berharap acaranya dipersiapkan secara matang. Mulai dari struktur kepanitiaan, rangkaian event hingga undangan.

“Festival Durian yang rutin dilaksanakan oleh Desa Sedahan Jaya saya harapkan pada tahun ini betul-betul dipersiapkan dengan matang rangkaian eventnya. Saya akan kembali mengundang para traveler untuk ke Kayong Utara dan kalau perlu kita mengundang kementerian. Kita buat acara Festival Durian kali ini menjadi acara yang dikenal oleh dunia,” ulas Bupati Kayong Utara.

Reporter: Kamiriluddin

Redaktur: Andry Soe