Kaca Film, Antara Kenyamanan dan Gaya

7

eQuator.co.id – Dunia otomotif, tidak hanya soal kendaraan saja. Otomotif juga menyangkut aksesoris kendaraan. Baik aksesoris utama maupun aksesoris tambahan.

Salah satu aksesoris itu adalah adalah kaca film. Di banyak tempat, kaca film juga sering disebut dengan reben atau kaca reben.

Kaca film biasanya dipasang di mobil untuk pelapis kaca mobil. Tidak hanya di mobil pribadi, kaca film juga sering dipasang di kaca kendaraan angkutan umum hingga angkutan barang.

Hampir di seluruh Indonesia, pemasangan kaca film sangat populer. Mayoritas pemilik kendaraan akan memasang kaca film di kendaraannya.

Hal tersebut juga terjadi di Kabupaten Sekadau. Akibatnya, keberadaan bengkel yang menerima pemasangan kaca film kendaraan juga menjamur.

Ato, salah seorang warga Sekadau mengatakan, ada berbagai alasan dalam pemasangan kaca film. “Kalau saya, kaca film untuk menahan hawa panas dalam kendaraan,” ujarnya kepada Rakyat Kalbar belum lama ini.

Selain itu, kaca film juga bisa digunakan untuk mempercantik tampilan kendaraan. Artinya, kaca film bisa untuk membuat kendaraan lebih menarik. “Buat gaya juga lah,” ujar Ato.

Alek, warga lainnya mengatakan, pemasangan kaca film bisa membuat kendaraan lebih nyaman saat ditumpangi. Karena suasana dalam kendaraan tidak akan terasa panas.

“Beda kalau yang tidak pakai kaca film. Panas matahari akan langsung masuk ke dalam mobil,” yakin Alek.

Disisi lain, pemasangan kaca film juga bisa membuat adanya rasa privasi bagi para penumpang kendaraan. Pasalnya, pandangan warga dari luar, tidak akan tembus langsung ke dalam kendaraan.

“Kalau tidak pakai reben, bisa tembus pandang dalam mobil. Kalau pasang reben, tidak masalah,” tukas Alek. (bdu)