Jumlah Penderita Hepatitis A Kian Bertambah

10
Hepatitis Ilustrasi

eQuator.co.idSingkawang-RK. Jumlah suspek hepatitis A di Kota Singkawang semakin bertambah. Hingga saat ini sudah mencapai 189 penderita yang tersebar di sejumlah kecamatan.
“Jumlah itu sesuai data yang masuk dari fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Singkawang,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, Djoko Suratmiarto, Rabu (5/9).
Dia menjelaskan suspek hepatitis A ini menyebar di sejumlah kecamatan yang ada di Kota Singkawang. “Kami juga telah melakukan teleconference dengan Kementrian Kesehatan RI terkait hepatitis A yang terjadi di Kota Singkawang,” katanya.
Dipihak lain, Polres Singkawang tetap memonitoring kasus wabah hepatitis A meskipun penanganannya saat ini memang masih dalam ranah Dinas Kesehatan. Namun apabila ada kesengajaan atau pidana, maka penegakan hukum akan dilakukan.
“Memang berdasarkan data instansi terkait suspek hepatitis A saat ini di Singkawang sangat tinggi dan Polres Singkawang masih memonitor apakah ada unsur pidananya,” ujar Kasubbag Humas Polres Singkawang, Iptu Gatot Sukoco.
Dia menjelaskan, kepolisian juga berusaha membantu masyarakat dalam hal ini memberi imbauan agar mengkonsumsi air yang benar-benar bersih dan jangan sampai mengkonsumsi air yang belum dimasak.
Tak kalah penting, Gatot juga mengimbau masyarakat, ll agar jangan terpancing isu dan hoax seputar kesehatan yang menyangkut wabah hepatitis A.
“Jangan mudah terpancing isu hoax dan harus ditanya ke sumber aslinya,” ujarnya.
Laporan: Suhendra
Editor: Ocsya Ade CP