Jokowi Menang Telak, Ma’ruf Tipis

Joko Widodo - NET

eQuator.co.id – JAKARTA-RK. Calon Presiden Joko Widodo menguasai kandangnya. Suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 008 Gambir Jakarta Pusat unggul cukup jauh. TPS itu sendiri menjadi tempat calon presiden petahana Jokowi Widodo menyalurkan hak pilihannya.

Dari 156 orang yang menunaikan hak pilihnya, Jokowi memperoleh 109 suara, adapun Prabowo 46 suara saja. Sementara satu suara lainnya dinyatakan tidak sah setelah mencoblos di luar kotak foto paslon. Adapun jumlah pemilih keseluruhan yang terdaftar adalah 235. Terdiri dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 198 orang, Daftar Pemilihan Tambahan (DPTb) 35 orang, dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) ada 2 orang. Namun hanya 156 saja yang datang ke TPS.

Jokowi sendiri melaksanakan coblosan di TPS 008 sekitar pukul 10.30 WIB. Datang bersama Iriana, Jokowi sempat mengantri sebelum mencoblos. Kurang lebih lima menit keduanya menjalani proses dibilik suara.

Usai mencoblos, Jokowi mengaku selalu optimistis dengan kans nya. “Selalu dalam bekerja, kita ini optimis terus,” ujarnya kepada media.

Sementara itu, calon wakil presiden Ma’ruf Amin unggul tipis, hanya tiga suara di tempat pemungutan suara (TPS) 051, Jalan Dili Lorong 27, Koja, Jakarta Utara yang merupakan tempat pencoblosan mantan Rais Am PB NU itu.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 132 suara mengalahkan Prabowo-Sandiaga Uno yang meraih 129 suara. Sedangkan suara yang tidak sah sebanyak 5 suara.

TPS 051 menjadi tempat mencoblos bagi 300 pemilih tetap dari dua Rukun Tetangga (RT). Mereka berasal dari RT 07, 02,¬† dan 011 dari RW 08. “Yang menggunakan hak suaranya sebanyak 266 pemilih,” kata Ketua TPS 051 Malawi Makhraj di lokasi pemilihan.

Sebelumnya, saat menyalurkan hak suaranya di TPS, Ma’ruf yakin akan meraih suara 90 persen. Suami Wury Estu Hadayani itu merasa senang bisa mencoblos di TPS yang tidak jauh dari rumahnya di Koja. Warga antusias memberi sambutan kepada tokoh yang juga mantan anggota DPR RI. “Rasanya nikmati sekali,” katanya usai coblosan. (Jawapos/JPG)