Jelang Sail Karimata, Jaringan Internet dan Telekomunikasi Ditingkatkan

Sambut Sail Selat Karimata 2016

162
Salah satu daerah kepulauan di Kabupaten Kayong Utara yang perlu jaringan komunikasi. IST/net

eQuator – SUKADANA-RK. Sampai saat beberapa daerah Kepulauan masih mengalami ketiadaan jaringan intenet ataupun komunikasi pada umumnya, sangat berdampak kepada pembangunan Kabupaten Kayong Utara. Terlebih di tahun 2016 nanti akan diselenggarakannya event internasional, Sail Selat Karimata, sehingga faktor komunikasi sangat dibutuhkan.
“Peningkatan kualitas akses jaringan di daerah kepulauan karena kita tahu 2016 akan diadakan event yang besar, yaitu Sail Selat Karimata,” kata Rusli, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kayong Utara, belum lama ini.
Program ini, lanjutnya, juga jalam rangka mempercepat pembangunan di bidang komunikasi dan informatika untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan (E-Goverment) dan keluhan masyarakat, serta demi meningkatkan kualitas jaringan komunikasi, Pemerintah Kayong Utara memandang perlu adanya penyediaan sarana pelayanan komunikasi dan informasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara cepat, mudah dan murah.
Untuk daerah Kayong Utara masalah Informasi dan Teknologi masih menjadi kendala sampai saat ini, karena ada beberapa kawasan yang sama sekali tidak bisa mengakses atau terjangkau jaringan, baik komunikasi maupun internet. Permasalahan ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah, terutama pemerintah pusat.
“Permasalahan IT di Kayong Utara, berhubungan dengan jaringan, baik seluler maupun internetnya masih belum memadai, yang ada masih hanya di sekitaran Sukadana saja. Ini kan kebutuhan masyarakat, dan kebutuhan dari pemerintah juga. Untuk mendukung E-Goverment, tentu ini harus didukung juga dengan peningkatan kualitas jaringan,” terang Rusli saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.
Menurutnya, permasalahan jaringan komunikasi ini sudah disampaikan kepada pihak Kementerian di pusat, untuk sekiranya dapat direspon. Karena menurut Rusli, hal perluasan jaringan kommunikasi, sebagai penunjang percepatan pembangunan untuk Kabupaten Kayong Utara. Dirinya mengarapkan pihak pemerintah pusat bisa segera menyediakan infrastruktur Back Bond jaringan Telkomunikasi dari Kabupaten Ketapang-Sukadana-Teluk Batang.
“Pemerintah Kayong Utara mengusulkan kepada Kementerian untuk dapat meningkatkan jaringan-jaringan Telekomunikasi yang ada di Kabupaten Kayong Utara. Tentunya ini untuk peningkatan pembangunan. Terutama penyediaan Back Bond jaringan komunikasi dari Ketapang, Sukadana, dan Teluk Batang, karena adanya ketersedian pelabuhan Nasional,” ungkap Rusli.

Laporan: Kamiriludin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here