Jalankan Multi Bisnis, Pemula Harus Punya Pijakan Kuat

Sudirman Hasan

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Sudirman Hasan, salah satu pengusaha yang menjalani banyak usaha, diantaranya distributor semen Bosowa dan semen Cornh di bawah bendera PT Prima Inti Kapuas dan distributor pupuk PT Pesona Delta Pawan ini menyarankan agar pengusaha pemula yang ingin seperti dirinya, harus memiliki pijakan usaha yang kuat terlebih dahulu. Karena menurut pengusaha yang juga bergerak pada bidang loket travel dan PPOB PT Berlin Teknologi Indonesia, trading PT Bitcoin dan EO CV Cakrawala Cipta Borneo ini, beberapa usaha tidak bisa dijalani sekaligus, tanpa adanya tahapan-tahapan usaha yang dilakukan.

“Kita bisa memiliki bebrapa jenis usaha, tetapi tidak bisa tumbuh sekaligus dalam waktu yang sama. Harus ada pijakan dan goals yang sudah dicapai, baru bisa start dengan project yang lain,” katanya kepada Rakyat Kalbar.

Namun demikian, pria kelahiran Ketapang 10 Februari 1982 yang pernah beberapa kali gagal dalam bisnis ini meyakinkan bahwa peluang untuk menjadi pengusaha saat ini sangat terbuka. “Peluang itu selalu ada, bisa diciptakan atau sudah ada dengan sendirinya. Tinggal kita mau ambil atau tidak,” ujarnya.

Bagi pengusaha pemula yang ingin serius, dia menyarankan untuk dapat berhitung dengan peluang yang ada. Setelah yakin, jangan ragu lagi melangkah. “Jadilah solusi untuk setiap permasalahan banyak orang, maka di situlah ada peluang. Tipsnya, lakukan dengan komitmen, konsisten dan doa,” lugas Sudirman Hasan.

Satu hal lagi, kata dia, jika ingin sukses, para pengusaha pemula harus menyiapkan mental yang baik. “Jangan jadi pengusaha yang punya mental karyawan. Tetapi jadilah pengusaha yang cara kerjanya karyawan tapi mentalnya pengusaha,” pesannya. (fik)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!