Istri Siri Rela Jadi Pohon Uang

ilustrasi.

Ingin beli sepatu, tinggal telepon Sephia. Ingin beli make up, gampang, cukup hubungi Sephia juga. Bahkan ingin naik mobil baru pun, cukup calling Sephia. Pokoknya kalau ingin ini dan itu, panggil saja Sephia. Pasti, dia bisa membelikannya dengan gratis.

Ya. Sephia, 44, seperti menjadi pohon uang buat Mira, 45, istri pertama suaminya, Donjuan, 47. Sephia rela menjadi istri kedua, agar Mira mengizinkan untuk terus bersama Donjuan, pria yang dicintainya.

“Bagi suami dan istri tuanya, saya memang cuma pohon uang. Tapi capek rasanya dimanfaatkan terus,” ucap Sephia, di sela proses sidang waris di Pengadilan Agama Klas 1A Surabaya, Kamis (18/2) lalu.

Namun kesadaran Sephia datang telat. Kini dia terbilang sudah tidak memiliki harta benda lagi. Rumah peninggalan almarhum suaminya di Semolorwaru sudah habis dijual oleh Mira. Jatah tanah warisan di kampung milik Sephia juga ludes dilego. Kini, dia hanya bisa bertahan dan hidup serba pas-pasan di kontrakan milik saudaranya. Bayarannya sebagai PNS belum mampu untuk membeli rumah baru.

Apalagi, utang ke bank masih sekitar Rp150 jutaan yang belum terlunasi. “Sebenarnya yang utang itu dulu Mbak Mira. Dia pakai kartu kreditku dan dihabiskan sampai ke limitnya,” ujar Sephia seperti dikutip Radar Surabaya, Jumat (19/2).

Kini, hidup Sephia memang sudah tidak ada pegangan lagi. Sebab, jatah warisan milik orangtuanya sudah ludes. Sephia juga meminjam tanah milik orangtuanya untuk diberikan semua ke Donjuan. Akibatnya, keluarga besar dan saudaranya yang lain marah dan membencinya.

Bahkan ketika proses sidang waris di Pengadilan Agama (PA) Klas 1A Surabaya, Sephia dimarahi habis-habisan oleh majelis hakim dan keluarganya, karena dianggap terlalu polos dan gampang dibodohi sebagai istri simpanan.

Sephia dulu mengaku sangat menuruti perintah Donjuan dan Mira karena demi bisa menjadi istri Donjuan. Meski cuma dinikah siri dan jadi simpanan. “Saya itu memang cinta mati sama Donjuan. Istrinya juga tahu itu. Tapi ya itu, saya kok sering diminta ini-itu,” ucap Sephia.

Eloknya, Sephia selalu menuruti semua permintaan Donjuan dan Mira. Hal itu karena Sephia tak mau kehilangan Donjuan. Demi cinta pula, Sephia pernah mengusir anak semata wayangnya yang kini tinggal di rumah kakak kandungnnya. Waktu dinikahi Donjuan, Sephia memang janda satu anak.

“Jadi kalau mau ketemu Mas Juan, saya harus ngasih uang dulu ke Mbak Mira. Ya namanya orang kangen, ya saya turuti saja,” jelasnya.

Sephia mengaku baru mulai sadar bila dimanfaatkan Donjuan ketika seluruh hartanya sudah ludes. Sedangkan batang hidung Donjuan dan Mira sudah tak ada yang tahu. Hampir setahun sudah, Donjuan dan Mira meninggalkannya sendirian.

Kini saat kedua orang tuanya juga bakal membagi warisan kepada lima saudaranya yang lain, Sephia siap-siap ngaplo. Sebab, jatah miliknya sudah ludes. Bahkan Sephia masih punya utang ke saudara-saudaranya.

“Mau tidak mau setiap bulan saya setor separuh gaji saya ke kakak dan adik. Untung anak saya dikuliahkan sama mama dan kakak. Jadi agak tenang untuk masa depan anak,” pungkasnya. (Radar Surabaya/JPG)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!