Ikat Erat Diri dengan Tali Agama Allah

Wabup Idrus Buka Gema Muharram

Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus menyampaikan sambutan sekaligus membuka Gema Muharram 1437 H yang diselenggarakan PHBI KKU di Masjid Agung Al-Qudsi Sukadana, Senin (9/11). KAMIRILUDDIN/RAKYAT KALBAR

eQuator – Sukadana-RK. Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus mengajak kepada kepada umat Islam terutama kepada generasi muda untuk bersama-sama mengikat erat diri dengan tali agama Allah. Hal ini disampaikannya ketika membuka secara resmi Gema Muharram 1437 H yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kayong Utara di halaman Masjid Agung Al-Qudsi Sukadana, Senin (9/11).

Belakangan ini, dikatakan Wabup, santer terdengar kabar mengenai degradasi moral dikalangan remaja akibat pengaruh negatif dari globalisasi yang tak berarah. Misalnya, kata dia, penyalahgunaan narkoba, prilaku seks bebas, kekerasan pelajar dan lain-lain yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai budaya dan agama.

“Agaknya, secara perlahan budaya dan agama mulai ditinggalkan. Ambil contoh dan indikator terkecil, gema 1 Muharram yang pada malam hari ini kita semarakkan bersama, telah hampir dihapus dari ingatan memori kita lalu mengarah pada hiruk pikuk, euphoria dan hura-hura 1 Januari tahun Masehi,” ujarnya.

Yanglebih memprihatinkan lagi, dilanjutkan Wabup, dimana setiap pergantian tahun Masehi, yang banyak merayakan adalah kaum muslimin dari kalangan muda sampai yang tua, bahkan ada yang menjadikannya sebagai moment kemaksiatan. Untuk itu, diharapkan Wabup, umat Islam di Kayong Utara untuk bersama-sama kembali kepada nilai-nilai Ilahi dan moralitas qur’ani serta berpegang teguh kepada ahklak ahlusunnah waljama’ah. Bersama dengan itu, diingatkannya pula, agar dapat meningkatkan kualitas kehidupan dengan menambah deretan prestasi dan bukan hanya mencoretkan catatan buruk atau lukisan hitam belaka.

Sebelumnya Ketua PHBI Kabupaten Kayong Utara, H Syarif Muzahar SIP melaporkan, Gema Muharram ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan tahun baru Islam 1437 H. “Kendati 1 Muharram telah berlalu, namun masih dalam suasana muharram sehingga layak digelar berbagai kegiatan.

Adapun kegiatan yang digelar dalam Gema Muharram ini meliputi lomba albarzanji, ceramah agama, azan, hafalan surah pendek, qasidah atau shalawat, karnaval dan lainnya. “Melalui perlombaan ini, kami harap muncul kader baru untuk dapat diandalkan Kayong Utara kedepab,” ucapnya.

Pembukaan Gema Muharram, dimeriahkan dengan lantunan qasidah dari berbagai kelompok majelis taklim. Usai pembukaan, dilanjutkan dengan lomba ceramah agama dan barzanji. Perlombaan akan berlangsung hingga 14 November 2015 di Masjid Agung Al-Qudsi Sukadana. (lud)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.