Harjad ke-17 Pemkot Singkawang, Momentum untuk Introspeksi Diri

7
POTONG TUMPENG. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie memotong tumpeng syukuran HUT ke-17 Pemkot Singkawang di Halaman Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (17/10)-- SUHENDRA

eQuator.co.id – Singkawang-RK. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Singkawang melakukan introspeksi apa yang sudah dilakukan sejak 17 tahun belakang.
“Tidak terasa sudah 17 tahun Pemerintahan Kota Singkawang berjalan. Maka dari itu saya mengajak seluruh OPD, ASN dan masyarakat Singkawang introspeksi diri dengan apa yang sudah kita lakukan selama 17 tahun kemarin,” ujar Tjhai Chui Mie saat syukuran dan pesta rakyat dalam rangka memperingati hari jadi (harjad) Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang ke-17 di Halaman Kantor Wali Kota Singkawang, Jalan Firdaus, Rabu (17/10).
Menurutnya, Pemerintah Kota Singkawang akan selalu berupaya untuk terus melakukan pembangunan. Baik dari segi infrastruktur, pendidikan maupun kesehatan. “Apa yang masih belum dilakukan, akan segera dilakukan agar Kota Singkawang bisa semakin lebih baik,” tuturnya.
Karena, sambungnya, ketiga program itu sudah menjadi prioritas dia bersama wakilnya, Irwan untuk mewujudkan Kota Singkawang yang lebih baik.
Tjhai Chui Mie mengatakan, banyak hal-hal yang menonjol selama terbentuknya Pemkot Singkawang. Diantaranya penataan kota terutama menyangkut kebersihan dan ketertiban, pembinaan generasi muda dan olahraga, pariwisata, kebudayaan, serta pembangunan infrastruktur kota dan fasilitas umum lainnya.

“Kota Singkawang juga telah dinilai oleh berbagai pihak mengalami kemajuan. Khususnya di bidang kebersihan dan keindahan kota,” katanya.
Untuk bidang pendidikan, pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang telah berhasil menuntaskan pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.
Sedangkan pada bidang pariwisata dan olahraga, juga telah dilakukan beberapa program atau kegiatan yang berskala provinsi dan nasional. Melakukan pembinaan generasi muda sekaligus dikemas dalam bentuk wisata untuk mendukung Kota Singkawang sebagai kota wisata.

“Pemerintah Kota Singkawang juga telah membangun infrastruktur pemerintahan bagi pelayanan publik untuk mendukung program pemerintah, baik dalam urusan wajib maupun urusan pilihan,” katanya.
Meski sudah banyak pencapaian, Tjhai Chui Mie tetap mengajak semua pihak untuk berbenah diri dan membangkitkan semangat seperti anak yang berusia 17 tahun. Sebagaimana pada usia itu, semangatnya pantang menyerah, ingin tahu dan kreatif.
“Jadi ini yang harus kita terapkan di Kota Singkawang sehingga visi misi Singkawang Hebat bisa di wujudkan,” katanya.
Dalam kegiatan ini, Gubernur Kalbar, Sutarmidji berhalangan untuk hadir. Sehingga dia diwakilkan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalbar, Drs Alfian MM.

“Ini wujud rasa gembira dan syukur terhadap Allah SWT serta para pejuang pendahulu. Terutama para perintis berdirinya Kota Singkawang,” katanya.
Alfian turut menyampaikan selamat HUT ke-17 kepada Pemkot Singkawang dan seluruh komponen masyarakat Kota Singkawang. “HUT ini menjadi momen dan evaluasi instropeksi diri untuk memajukan Kota Singkawang,” ujarnya.

Alfian mengharapkan Kota Singkawang lebih maju dan baik. Terutama memberikan pelayanan pada masyarakat dan pemerintahan guna mewujudkan visi Singkawang Hebat.
“Semoga dengan kemajuan Kota Singkawang dan kabupaten lain juga menyentuh pada pencapaian Kalbar yang maju untuk negara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Laporan: Suhendra
Editor: Ocsya Ade CP