Gotong Royong Tambal Lubang Jalan

8
KERJA SAMA. Warga bergotong royong menambal lubang jalan di dekat Desa Sebangki, Sabtu (3/11). Warga for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Sebangki – RK. Enggan berlama-lama dalam ketidaknyamanan, warga-warga RT 02 Dusun Sebangki, Kecamatan Sebangki memperbaiki sendiri infrastruktur di dekat desanya. Swadaya masyarakat ini menggunakan alat seadanya: cangkul, sekop, dan peralatan lainnya.

Gotong royong menambal lubang jalan tersebut berlangsung Sabtu (3/11). Pasalnya, memang, di sejumlah titik jalan raya yang menuju dan melewati Desa Sebangki sudah banyak yang rusak.

Menurut koordinator gotong royong, Butan, salah satu perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di dekat desa telah membantu. Menyumbang semen dan pasir untuk menambal lubang jalan di sana.

“Ada beberapa titik yang rusak berat sehingga harus dicor pakai semen, banyak menggunakan semen dan pasir,” ungkapnya.

Menurut dia, rehabilitasi jalan ini jauh dari rampung. Jika masih ada masyarakat yang mau menyumbang material, berupa semen dan pasir.

“Kalau sudah ada bahannya lagi, warga akan turun kembali, kerja gotong royong lagi, meneruskan yang belum ditambal,” cetus Butan.

Kepolisian setempat menurunkan anggotanya untuk membantu. Kapolsek Sebangki, Ipda Hertomo Endryadi, memerintahkan Bripka Tahta Herverisis Deo untuk ikut bergabung gotong royong. Sekaligus memonitoring kegiatan di masyarakat.

“Namanya kegiatan di masyarakat harus didokumentasikan agar kelihatan sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan,” ucap Hertomo.

Semangat ‘45 dalam bergotong royong para warga tersebut, menurut dia, perlu dukungan pihak pemerintah. Terutama pemerintah desa setempat.

“Kalau jalan sudah bagus, tidak lagi yang berlubang, ini berarti mengurangi atau meminimalisir terjadinya kecelakaan kendaraan,” tuturnya. Ia memuji kesadaran warga yang mau memelihara jalan yang sudah dibangun pemerintah ini. (ius)