Gertak 1 Akan Dibangun Baru Oleh Kementerian PU

Edi Minta Nilai Estetikanya Diperhatikan

506
DIBANGUN BARU. Inilah gertak 1 yang rencananya akan dibongkar Kementerian PU dan dibangun baru. Foto diambil Kamis (14/7). Gusnadi-RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Gertak 1 yang berada menghubungkan Jalan Pak Kasih dan Jalan Komyos Sudarso rencananya akan dibongkar Kementerian PU. Pasalnya, jembatan tersebut dinilai sudah termakan usia, sehingga perlu dibangun baru.

“Ini program Kementerian PU yakni balai jalan besar yang merupakan tanggungjawabnya di Jalan Komyos Soedarso termasuk Gertak 1. Rencananya akan dibongkar untuk perkuatan pondasi dan infrastruktur,” ujar Edi Rusdi Kamtono, Wakil Wali Kota Pontianak, Kamis (14/7).

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak mengatakan wajar saja gertak 1 diperbaiki. Hanya saja, proyek yang belum diketahui pasti dananya ini mesti disesuaikan dengan karateristik Kota Potianak. Terutama nilai estetikanya.

“Pembongkaran ini berdasarkan penilaian Kementerian PU, karena jembatan itu umurnya sudah di atas 30 tahun dan dikhawatirkan ada retak dan akan dibangun kembali,” tukasnya.

Pemkot, kata Edi, sudah berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk PT. Pelindo agar turut berkontribusi dalam pembongkaran dan pembangunan gertak 1 tersebut. Sebab jembatan itu pun ke depan akan lebih memudahkan operasinal mereka jika arus lalu lintas aman dan lancar.

“Karena itu jalur yang dilewati kontainer dan truk-truk berat, nanti akan dibongkar habis sehingga akan ada pengalihan arus lalu lintas,” tukasnya.

Makanya, dalam rapat koordinasi Pemkot minta izin ke PT Pelindo agar jalan mereka bisa digunakan khusus angkutan berat. Sedangkan kendaraan ringan melewati Jalan Puyuh atau lewat Jalan Merdeka Barat dan Hasanudin.

“Menurut informasi, pengerjaan akan dimulai pekan ini. Kalau sudah ada kesepakatan, kemungkinan minggu depan sudah bisa dimulai pembongkarannya. Pembongkaran dan membangun kembali gertak 1 ini diprediksikan enam bulan selesai,” ungkap Edi.

Jika pembongkaran serta pembangunan sudah dimulai, Edi meminta masyarakat untuk dapat memakluminya jika arus lalu lintas menjadi terganggu lantaran akan ada pengalihan di sejumlah ruas jalan.

“Kita minta masyarakat untuk meghindari rute gertak 1, agar tidak terjadi kemacetan baik itu dari Komyos Soedarso ke Pak Kasih maupun arah sebaliknya,” imbaunya.

Kawasan gertak 1 ini, lanjut Edi, juga digadang-gadang sebagai kawasan wisata air. Untuk itu, ia beharap pembangunan jembatan disesuaikan agar lebih indah dan menarik sesuai dengan tema wisata air yang saat ini terus dikerjakan menggunakan dana APBD Kota Pontianak itu.

“Kita berharap untuk lendingnya bisa menyesuaikan dengan daerah Kota Pontianak, tapi kalau yang lainnya standar saja,” demikian Edi.

Laporan: Gusnadi

Editor: Arman Hairiadi