Gangguan Teknis Terjadi di Ketungau Hulu dan Ambalau

UNBK Tingkat SMA/MA

34

eQuator.co.id – SINTANG-RK. Kasihan SMA di pedalaman. Pengurus sekolahnya terkendala teknis dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK tingkat SMA/MA, Senin (9/4).

“Ada informasi kurang baik yang kami dapatkan, yaitu di Kecamatan Ketungau Hulu, merupakan Kecamatan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, mengalami gangguan teknis sinyal internet,” tutur Sekda Sintang, Yosepha Hasnah, saat meninjau pelaksanaan UNBK di Kota Sintang.

Sambung dia, “Tidak terjangkau, sehingga menyebabkan pelaksanaan UNBK sedikit terhambat”.

Awal pekan itu, Sekda memang mengawali hari kerjanya dengan memimpin jalannya peninjauan UNBK ke beberapa SMA/MA di Kota Sintang. Ia didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang, Lindra Azmar.

Rute pemantauan UNBK meliputi SMAN 2 Sintang, SMAN 3 Sintang, Madrasah Aliyah Negeri Sintang, SMA Panca Setya Sintang, dan SMAN 1 Sintang.

Selain di kawasan pelosok Sintang, UNBK di kabupaten ini berjalan mulus. Tak ditemui satupun kendala. Internet was wes wus, listrik juga tak berani byarpet.

“Tadi sudah beberapa sekolah yang kami lihat, semuanya lancar tidak ada kendala dalam hal teknis seperti gangguan internet. Termasuk siswa-siswinya juga hadir semua,” beber Yosepha.

Kendala sinyal internet di Ketungau Hulu dibenarkan Lindra Azmar. Berdasarkan hasil pantauannya, hanya di Senaning terjadi gangguan sinyal.

“Termasuk juga ada kendala sedikit di Kecamatan Ambalau, agak lemot sinyalnya, tetapi pihak Provinsi sudah memproses, semoga itu bisa berjalan dengan baik,” tutur Lindra.

Ia mengungkapkan, saat simulasi, sebelum pelaksanaan UNBK, semua oke-oke saja. Termasuk juga minggu lalu UNBK tingkat SMK berjalan dengan lancar.

“Mungkin (UNBK SMA di pedalaman,red) dikarenakan faktor cuaca yang kurang mendukung sehingga berdampak kepada sinyal internet,” ungkapnya.

Menurut dia, Pemkab Sintang menginginkan semua pelajar yang ada di Sintang bisa lulus 100 persen. “Harapan kita peringkat di Kabupaten Sintang memuaskan,” tutur Lindra.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Ujian Nasional Kabupaten Sintang, Ernawati mengungkapkan bahwa peserta UNBK SMK/SMA/MA di Sintang berjumlah 4.776 siswa/siswi. Dari SMA berjumlah 2.787 peserta, kemudian Madrasah Aliyah 333 peserta, dan tingkat SMK 1.433 peserta.

“Dengan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak 57 sekolah,” ungkapnya. (Humas Pemkab Sintang)