Dugaan Kejahatan Pertama di Luar Angkasa

NASA Selidiki Astronotnya Akses Rekening secara Ilegal dari ISS

eQuator.co.id – WASHINGTON-RK. Yang dialami Anne McClain ini akan menjadi preseden hukum perdana di jagat raya. Astronot Amerika Serikat (AS) itu dituding mantan pasangan hidupnya, Summer Worden, telah melakukan pencurian identitas. McClain mengakses rekening Worden di luar angkasa ketika ditugaskan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kantor Inspektorat Jenderal NASA kini tengah menyelidiki kasus itu. Penyelidik NASA sudah berbicara dengan keduanya. Jika McClain terbukti bersalah, itu merupakan kejahatan pertama yang dilakukan di luar angkasa. Belum diketahui dakwaan dan ancaman hukuman apa yang bakal menjerat McClain nanti.

”Dia (McClain, Red) dengan tegas membantah bahwa dirinya melakukan sesuatu yang tidak sepantasnya,” ujar Rusty Hardin, pengacara McClain, seperti dikutip BBC. Dia menambahkan bahwa McClain sangat kooperatif dengan seluruh proses investigasi yang sedang berlangsung.

Worden merupakan mantan pejabat intelijen pasukan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS). Dia curiga rekeningnya telah diakses perempuan yang dulu pernah dicintainya itu. Worden langsung menghubungi bank untuk meminta detail lokasi login rekeningnya. Dari situ diketahui bahwa komputer yang digunakan untuk mengakses rekeningnya terdaftar atas nama NASA. Tanggal aksesnya bertepatan dengan waktu McClain bertugas di ISS. Dengan kata lain, dia mengakses dari luar angkasa.

Worden akhirnya mengadu ke Komisi Perdagangan Federal. Keluarga Worden juga mengadu ke Kantor Inspektorat Jenderal NASA. Kasus itu lantas menjadi konsumsi publik dan membuat status McClain sebagai seorang astronot lesbian terungkap. Keluarga Worden menuding McClain sengaja mencari gara-gara untuk mengambil hak asuh atas putra mereka.

McClain tak menampik tudingan bahwa dirinya memang mengakses rekening Worden saat berada di ISS. Astronot 40 tahun itu berangkat ke ISS pada 3 Desember 2018 dan kembali pada 24 Juni 2019. Versi McClain, dia hanya ingin mengecek apakah saldo di dalam rekening itu cukup atau tidak untuk membiayai putra mereka. Perempuan yang pernah menjadi pilot tempur militer saat operasi pembebasan Iraq tersebut tidak sepeser pun memindahkan uang di dalamnya.

Versi McClain, rekening yang diakses itu adalah milik bersama. Dia menggunakan kata kunci yang sama dengan ketika mereka masih bersama. Tidak ada yang berubah sama sekali. Saat mereka mengurus perpisahan, Worden juga tak pernah menyatakan bahwa McClain dilarang mengakses rekening tersebut.

Selama ini McClain memang memiliki rekam jejak membiayai anak yang dilahirkan Worden tersebut. McClain dan Worden adalah pasangan lesbian. Putra mereka lahir setahun sebelum mereka resmi menikah pada 2014. Tahun lalu Worden mengajukan gugatan cerai. Nah, McClain mengakses rekening Worden saat mereka dalam proses berpisah tersebut.

Perempuan yang tercatat berada di luar angkasa selama 203 hari 15 jam 16 menit itu menegaskan bahwa semua tuduhan yang diarahkan kepadanya tidak benar. Dia yakin penyelidikan yang dilakukan Kantor Inspektorat Jenderal NASA akan mengungkap segalanya.

”Kami telah melalui perpisahan menyakitkan yang sayangnya kini terungkap di media. Saya menghargai banyaknya dukungan dan akan  berkomentar setelah penyelidikan selesai,” ujar McClain Sabtu (24/8) seperti dikutip Space.com. (Jawa Pos/JPG)

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!