Dorong Generasi Muda Ciptakan Terobosan

Peringati Hari Pahlawan, Jokowi Tampil Ala Bung Tomo

7
ALA BUNG TOMO. Presiden Joko Widodo di atas sepeda ontel hendak memimpin upacara hari pahlawan 2018, di Jawa Barat. Jawa Pos Photo

eQuator.co.id – Bandung-RK. Bung Tomo “hadir lagi” di Bandung, Jawa Barat. Lengkap dengan setelah baju berwarna coklat. Plus kopiah, sepatu dan pistol di pinggang. Tak lupa, sepeda ontel klasik tanpa rem jadi tunggangannya.

Tentu yang hadir dalam pelaksanaan Festival Bandung Lautan Sepeda itu bukan Soetomo atau Bung Tomo beneran. Melainkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kemarin mengenakan kostum tersebut sebagai bagian perayaan Hari Pahlawan di Bandung.

Jokowi memulai kegiatan dengan memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung. Di situ, dia juga melakukan aksi tabur bunga di sejumlah makam bersama beberapa perwakilan veteran Jawa Barat.

Dari TMP Cikutra, mantan wali kota Solo itu bergeser ke Gedung Sate di Jalan Diponegoro. Di Festival Bandung Lautan Sepeda, Jokowi bersepeda bersama Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Sosial Agus Gumiwang, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Kurang lebih, rute sejauh lima kilometer dilaluinya. Selesai gowes, Jokowi mengaku sengaja berpenampilan yang sesuai dengan momentum. “Ini kan Hari Pahlawan 10 November, jadi suasana di tahun-tahun 45, di masa-masa perjuangan suasana itu yang kita munculkan,” kata dia terkait setelan yang dipakainya.

Jokowi berharap, perayaan Hari Pahlawan tahun ini menjadi momen memperkuat semangat membangun bangsa. Sebab, kata dia, semangat itu pula yang dulu digelorakan pahlawan.

“Semangat pahlawan dulu juga sama. Semangat untuk membangun negara,” imbuhnya.

Dia juga berharap, semangat tersebut bisa diikuti generasi milenial. Meski dengan porsi yang berbeda. Bagi generasi muda, lanjutnya, semangat membangun bisa dilakukan dengan menciptakan terobosan di berbagai sektor.

“Semangat berinovasi,semangat berkreasi, semangat berkarya, semangat bekerja, semangat optimis, semangat,” terangnya. (Jawa Pos/JPG)