Dinkes Kubu Raya Butuh 120 Tenaga Kesehatan

Berli Hamdani: Sementara Formasi CPNS 2018 Hanya Diberikan 39 Orang

7
dr Berli Hamdani

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Dari kuota sebanyak 155 CPNS Kubu Raya 2018 terbagi untuk tiga formasi. Yakni, tenaga pendidikan, tenaga kesehatan serta tenaga teknis.

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, dr Berli Hamdani mengungkapkan, untuk jumlah tenaga kesehatan hanya dijatah sebanyak 39 formasi. Meskipun demikian, ternyata jumlah tersebut dirasakan masih kurang.

“Sebab total yang kita butuhkan sekitar 120 orang. Untuk di rumah sakit saja memerlukan 70 orang. Sementara formasi yang diberikan 39. Namun yang disetujui untuk di rumah sakit hanya dua formasi. Itu pun hanya asisten apoteker,” ungkap dr Berli Hamdani, Selasa (9/10).

Dalam kesempatan itu, Berli menambahkan, sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Termasuk akan menambah jumlah Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang saat ini berjumlah 20 orang.

“Jadi, rencananya untuk PTT daerah akan ditambah 5 orang dan ini termasuk untuk memenuhi kebutuhan di rumah sakit,” tuturnya.

Sementara itu, untuk kembali menambah kekurangan personil dari tenaga honorer cukup sulit, karena persoalan keterbatasan anggaran. “Memang ada rencana menambah tenaga honorer yang saat ini 250 orang. Namun itu tidak bisa, karena anggaran kita juga terbatas,” tegasnya.

Oleh karena itu, Berli mengakui, pihaknya akan mencari cara lain untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya. Apalagi RSUD Kubu Raya direncanakan akan beroperasi pada awal tahun depan.

“Kita akan atur relokasi, termasuk tenaga PNS untuk mengisi kebutuhan di rumah sakit. Karena itu, bisa dari sekarang tenaga kesehatan mengajukan permohonan sukarela untuk bertugas di rumah sakit,” ujar dr Berli Hamdani.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe