Dewan Pendidikan akan Berdayakan Komite Sekolah

RAPAT. Dewan Pendidikan Sambas menggelar rapat untuk membahas pemberdayaan Komite Sekolah di salah satu kafe di Sambas, Sabtu (16/1). M Ridho-RK

eQuator – Sambas-RK. Mengingat peran dan tugas Komite Sekolah sangat besar dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, Dewan Pendidikan Kabupaten Sambas akan memberdayakannya mulai tahun ini.

“Saat ini agendanya sedang disiapkan, apa-apa saja materi pemberdayaannya,” kata Drs H Suharjo, Ketua Dewan Pendidikan Sambas ditemui Rakyat Kalbar usai Rapat Pembahasan Agenda Pemberdayaan Komite Sekolah di salah satu kafe di Sambas, Sabtu (16/1).

Materi-materi pemberdayaan tersebut, jelas Suharjo, tentunya sesuai dengan hasil monitoring di sekolah-sekolah serta laporan dan rekomendasi Dewan Pendidikan kepada Dinas Pendidikan Kabuapten Sambas dan Bupati Sambas 2015.

Menurutnya, pemberdayaan ini sangat penting, lantaran Komite Sekolah memiliki andil yang sangat besar dalam memajukan pendidikan daerah. “Pemberdayaan Komite Sekolah ini sebagai upaya meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan, baik Komite Sekolah pada tingkat SD, SMP, maupun SMA dan SMK,” jelas Suharjo.

Komite Sekolah, jelas Suharjo, merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat untuk meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah, maupun jalur pendidikan luar sekolah.

“Dengan pemberdayaan ini, tentunya kita berharap Komite Sekolah dapat mandiri sekaligus berperan meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, memberikan arahan, pertimbangan dan pengawasan terhadap pengelolaan manajemen pendidikan serta pembangunan fasilitas pendidikan di semua jalur dan jenjang pendidikan,” kata Suharjo.

Komite Sekolah, tambah dia, merupakan implementasi dari SK Mendiknas Nomor 044/U/2002 yang merupakan lembaga non profit dan non politis yang dibentuk berdasarkan musyawarah oleh stakeholder pendidikan.

Suharjo menilai, Komite Sekolah perlu bersinergi dengan Dewan Pendidikan dalam membangun pendidikan. “Karena pendidikan merupakan sektor penting yang sangat berperan dalam pembangunan bangsa, baik hari ini, esok maupun masa depan,” katanya.

Dengan sinerginya Komite Sekolah bersama Dewan Pendidikan, menurut Suharjo, maka akan menjadi kekuatan yang dapat mewujudkan pendidikan yang unggul, seperti upaya memajukan sekolah unggul, berprestasi dan berkarakter. (edo)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!