Dana Kelurahan Muncul Sebab Curhatan Para Wali Kota se Indonesia

26
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

eQuator. co.id-PONTIANAK. Kota Pontianak rencananya bakal mendapatkan dana Kelurahan sebesar Rp10 Miliar dari pemerintah pusat pada tahun 2019 mendatang, Jumat (7/12).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono bercerita yang membuat dana kelurahan ini muncul dikarenakan curhatan dari para Wali Kota se Indonesia ketika bertemu dengan Presiden di Istana Bogor beberapa waktu lalu.

“Di Kota juga banyak masalah sosial sehingga diperlukan dana tambahan untuk Kelurahan. Akhirnya diberikan,” cerita Edi.

Mengenai Dana Kelurahan yang akan disalurkan ke Kota Pontianak, Edi menjelaskan itu nantinya akan dibagi sebanyak 29 Kelurahan yang ada di Kota Pontianak.

“Untuk peruntukan dari dana Kelurahan sudah didapatkan secara umum yaitu sebagai infrastruktur, pemberdayaan dan inovasi di Kelurahan,” jelasnya.

Edi menambahkan, selama ini pemerintah kota sudah menganggarkan dana – dana untuk meningkatkan inovasi dan infrastruktur untuk Kelurahan yang dikelola oleh Kecamatan sebesar Rp150 juta. Nantinya dana yang ada akan disinergikan.

“Kita juga akan buatkan juknis khusus. Karena kalau Rp10 miliar dibagi rata hampir Rp300 juta per Kelurahan,” sebut Edi. (lid)