Chevrolet Trax, Paling Bertenaga di Kelasnya

Mobil Chevrolet Trax yang diperlihatkan di Dealer Auto Citra Prima di Kubu Raya-Syamsul Arifin

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Setelah Orlando, Captiva, dan Spin, kini Chevrolet memperkenalkan varian keempatnya, Trax. Mobil pabrikan Amerika Serikat teranyar ini didapuk sebagai paling bertenaga di kelasnya.

“Chevrolet Trax pertama kali menyapa publik saat gelaran GIIAS 2015 beberapa waktu lalu. Kehadirannya melengkapi booming SUV dan crossover yang memang sedang melanda,” ungkap Susanto, Sales Manager PT Auto Citra Prima Kubu Raya, kemarin.

Unit small SUV atau crossover lansiran Chevrolet ini seakan menjadi menu penutup tahun yang sempurna untuk pangsa pasar otomotif di Indonesia.

Susanto mengungkapkan, Chevrolet Trax mampu mencuri perhatian publik lewat desain eksterior yang sederhana, namun tetap stylish dan terlihat elegan.

Selain mengusung konsep desain eksterior yang elegan, Chevrolet Trax pun juga kendaraan paling bertenaga dan paling aman di kelasnya. “Karena Chevrolet mengusung spesifikasi mesin turbo serta fitur keselamatan berstandar global,” jelas Susanto.

Chevrolet Trax hadir dengan beragam fitur terbaik di kelasnya. Untuk menggempur pasar crossover di Indonesia, memang bukan perkara mudah, karena pada segmen ini sudah banyak produsen lain yang memperebutkan posisi teratas.

Untuk itu, wajar jika Chevrolet Trax dijejali dengan bermacam fitur kelas atas, seperti fitur keselamatan standar global lewat 6 airbags di sisi depan, samping, dan juga roof rail.

Kemudian untuk fitur penunjang lainnya, juga tersedia lengkap di Chevrolet Trax, mulai dari fitur Electric Stability Control hingga Hill Assist atau rangka bodi berstruktur baja.

“Sementara pada bagian penghasil performanya sendiri, Chevrolet Trax menggendong mesin berkapasitas 1.364 cc dan sudah disertai teknologi Turbocharged,” papar Susanto.

Lalu pada desain tampilannya, mobil ini dirancang dengan tingkat kompabilitas tinggi selain tentunya beraroma crossover tangguh khas mobil Amerika.

Di bagian desain ekteriornya, memang Chevrolet Trax ini kental dengan aura crossover lewat penempatan tiap bagian yang ringkas, berikut dimensi yang cukup ideal.

Susantu menambahkan, untuk bagian luarnya Chevrolet membangun mobil yang cenderung ringkas dengan desain bodi kompak. Pihak pabrikan sendiri mengklaim, mobil ini perpaduan antara SUV dengan city car.

“Bagian lampu cenderung kotak. Lalu untuk front grill-nya terlihat manis dengan aksen krom menganut model terpisah berkontur jaring. Begitupun dengan bumper depannya. Sedangkan untuk bagian front grill pada Chevrolet Trax dibuat menjorok ke dalam terbingkai frame hitam doff,” rinci Susanto.

Pada bagian samping, aura mobil Chevy langsung kentara tatkala melihat desain fender samping yang kokoh serta dual port grille yang sporty, membuatnya tampil khas.

“Kemudian untuk bodi belakang, seperti kebanyakan crossover lainnya, Chevrolet Trax juga dirancang dengan bentuk bodi ergonomis menjorok ke belakang, kompak mengikuti alur desain bodi secara keseluruhan,” kata Susanto.

Pada desain bodi belakang, juga kental dengan aura city car dinamis namun dengan tampilan crossover SUV. Mobil ini sudah dibekali spion elektrik lengkap dengan turn light atau lampu sein.

Di bagian kabin atau interior, Chevrolet Trax terlihat cukup mewah dan berkelas. “Dashboard depan didominasi hitam elegan, ditunjang beberapa panel instrumen menarik seperti layar audio, kontrol kendaraan, audio dimming, panel AC, dan lain-lain,” papar Susanto.

Untuk tekstur trimnya sendiri, kata Susnato, panel dashboard Chevrolet Trax dirancang sedemikian rupa. Sehingga mampu menampilkan aura premium. Sementara setirnya minimalis, namun nyaman berkat material berkualitas. “Berada di kabin Chevrolet Trax juga terasa sejuk dengan adanya Electric Sunroof yang melekat,” ucapnya.

Jok Chevrolet Trax berkomposisi kulit berkualitas tinggi. Lebih special dengan pengaturan fleksibilitas sesuai kebutuhan pengguna dan juga arm rest untuk mengistirahatkan tangan driver.

“Bagian kabin Chevrolet Trax juga cukup lega dan dapat menampung hingga lima orang penumpang,” ungkap Susanto.

Ternyata, kata Susanto, untuk kursi belakang, mobil ini bisa dilipat rata dengan konfigurasi split 60/40. Sehingga dapat digunakan untuk tambahan bagasi sampai kapasitas 1.370 liter. “Sekedar catatan, untuk kabin dari spesifikasi Chevrolet Trax semua bagiannya sudah dilengkapi dengan seatbelt,” katanya.

Jika dilihat bagian dimensinya, Chevrolet  Trax cenderung mendekati city car. Dibangun dengan ukuran yang cukup mungil lewat dimensi panjang 4248 mm, lebar 1776 mm, tinggi serta jarak sumbu roda berukuran 2555 mm.

Meski terlihat sedikit lebih kecil daripada crossover pada umumnya, Chevrolet Trax memiliki ground clearance cukup tinggi. Bobotnya cukup pas, 1.334 kilogram.

“Jika melihat dimensi dan ukuran yang dimiliki oleh Trax, pastinya mobil  ini cukup lincah digunakan untuk diajak bermanuver di jalan raya atau melibas trek yang memiliki kontur tanah kurang rata,” ujar Susanto.

Demi memberikan kenyamanan berkendara pada penumpangnya, Chevrolet Trax didukung sistem suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan, dan Compound Crank Rear Axle untuk bagian belakang.

Melaju bersama Trax juga dijamin stabil, sebab mobil ini sudah didukung teknologi Electronic Power Steering. “Guna menunjang performa suspensi, kaki-kaki Chevrolet Trax disokong velg 16 inci dan dibalut ban berukuran 205/70/R16,” ungkap Susanto.

Untuk fitur pengereman, lanjut Susanto, juga terbilang mumpuni. Sudah menggunakan teknologi rem ABS EBD (Electronic Brakeforce Distribution) plus PBA (Predictive Brake Assist). Sehingga laju kendaraan bisa lebih terkontrol dan dapat meminimalisir risiko kecelakaan karena terlambat mengerem.

“Jika kita berbicara mengenai keunggulan utama dari Chevrolet Trax selain pada bagian fitur keselamatannya, maka jawabannya adalah sektor performanya. Adapun untuk mesin yang digunakan adalah tipe mesin ECOTEC 1.4 L Gasoline with Turbocharger and Dual CVCP,” rinci Susanto.

Tenaga yang dihasilkan mobil ini terbilang gahar, lantaran mesin Chevrolet Trax bisa menghasilkan power sampai 140 Ps /4900-6000 rpm dan juga torsi mencapai 200 Nm /1850-4900 rpm. “Tenaga tersebut termasuk terbesar untuk kelas crossover SUV di Indonesia,” kata Susanto.

Sedangkan untuk penyuplaian bahan bakar, Susanto mengatakan, Chevrolet Trax mengusung teknologi Multi Point Fuel Injection yang mampu menghasilkan efisensi bahan bakar.

“Sedangkan untuk Chevy Trax yang dipasarkan di Indonesia sendiri semua tipe akan menganut model transmisi otomatis 6 percepatan dengan Triptonic,” beber Susanto.

Triptonic Chevrolet Trax bisa membuat transmisi menjadi lebih halus dan rasio lebih optimal. Selain itu, kemungkinan mesin bisa menemukan keseimbangan antara performa gahar dan juga efisiensi bahan bakar. Chevrolet Trax hanya hadir dengan model berpenggerak roda depan atau front wheel Drive.

Susanto mengungkapkan, harga Cheprolet Trax yang dijual di PT Auto Citra Prima Rp329.800 juta. “Jika mempunyai keinginan untuk memiliki mobil tersebut, silakan datang langsung ke dealer resmi di Jalan Ayani II Kubu Raya,” katanya berpromosi.

 

Laporan: Syamsul Arifin

Editor: Mordiadi

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!