Cek Fakta Dahnil Ajak Pendukung Prabowo Mudik Gunakan Kuda

eQuator.co.id – BEREDAR tangkapan layar sebuah pemberitaan yang berjudul “Hidupkan Sunah Nabi, Dahnil Ajak Pendukung Prabowo Mudik Lebaran Gunakan Kuda”. Seperti salah satunya yang diposting akun facebook Wimbo Wisnu Wibowo (http://bit.ly/2YQolLq).
Dalam postingan tangkapan layar tersebut, memang tampak Dahnil yang merupakan koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu sedang naik kuda. Kini, tangkapan layar pemberitaan di detiknews(dot)com itu sudah dibagikan lebih 90 kali per tangkapan layar dibuat, Selasa (28/5).
Dalam postingannya, akun Wimbo juga menuliskan narasi sebagai berikut: “Hidupkan Sunah Nabi, Dahnil “Not for Sell” Simanjuntak ajak pendukung Prabowo Mudik Lebaran Gunakan Kuda.”
Setelah dilakukan penelusuran oleh Aribowo Sasmito, Co-Founder, Head of Fact Checker Committee di Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) ternyata tangkapan layar yang dibagikan oleh akun Wimbo itu adalah hasil suntingan.
“Tidak ada publikasi artikel pada jam 07.05 oleh detiknews di 27 Mei 2019,” jelas Aribowo dalam debunk-nya.
Ia mengatakan, hal tersebut dapat dilihat pada (http://bit.ly/2I32OIV) indeks berita detiknews(dot)com tertanggal 27 Mei 2019. Jika mengacu pada First Draft News, lanjut Aribowo, konten yang dibagikan akun Wimbo ini adalah kategori konten yang dimanipulasi. Dimana ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.
“Akun Wimbo membagikan foto tangkapan layar hasil suntingan dengan menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah,” tegas Aribowo. (oxa)