Cabor Catur Penyumbang Medali Emas Pertama

13
Medali Emas. Atlet Catur Melawi berada di podium nomor 1 ketika menerima medali emas. Humas Porprov Malawi for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Melawi-RK. Setakat ini cabang olahraga (Cabor) catur merupakan cabor yang pertama menyumbangkan medali emas untuk Kabupaten Melawi. Dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XII di Kota Pontianak.

Hingga 20 November 2018 malam perolehan medali yang diraih Melawi mencapai 17 medali. Dengan rincian 1 medali emas, 4 perak dan 12 medali perunggu. Tak pelak, cabor peraih medali emas diharapkan bisa menjadi penyemangat atlet dari cabor lain yang masih bertanding hingga 24 November mendatang.

“Medali emas diraih atlet atas nama Herry dari nomor catur kilat perseorangan putra. Dalam pertandingan yang digelar di Aula Dinkes Provinsi Kalbar, Selasa (20/11). Herry berhasil menyisihkan sejumlah atlet catur dari berbagai kabupaten/kota. Medali emas inipun melengkapi raihan medali yang sudah dikumpulkan atlet catur Melawi sebelumnya, yakni dua perak dan dua perunggu,” ujar Ketua Pengcab Percasi Melawi, Sumantri, Rabu (20/11) malam.

Menurutnya, medali emas kali ini didedikasikan khusus untuk Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin yang sudah memberikan dukungan penuh terhadap Percasi Melawi.

Sementara itu, Ketua KONI Melawi, Suarli yang terus memantau pelaksanaan Porprov XII di Kota Pontianak merasa bangga. Dengan raihan emas pertama yang didapat oleh Kontingen Melawi. Ia juga mengapresiasi kerja keras atlet catur yang sudah mengumpulkan banyak medali.

“Semoga ini bisa menjadi penyemangat atlet di cabor lain yang juga masih bertanding saat ini. Peluang medali emas masih terbuka untuk bertambah bagi Melawi. Karena ada beberapa atlet kita yang masih berlaga dibabak lanjutan maupun final. Seperti silat, kempo serta voli indoor maupun sejumlah cabang lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Cabor Persatuan Panahan Indonesia (Perpani), Widya Rima bangga dengan meningkatnya jumlah medali yang diperoleh para atlet Melawi.

“Alhamdulillah, Perpani Melawi bisa meraih 1 perak, 3 perunggu. Maaf, hanya ini yang bisa dipersembahkan kepada Kabupaten Melawi,” tuturnya.

Sedangkan Ketua Pengcabor Petanque, Kairil Akbar mengungkapkan, pihaknya hanya bisa mendapatkan empat medali perunggu dan satu perak.

“Kami sudah berusaha. Nah, inilah yang bisa kami peroleh. Karena pada Cabor Petanque, ini kali pertama mengikuti Porprov dengan waktu latihan dan persiapan kami hanya 3 bulan saja. Semoga ke depan kami bisa kembali ikut pada even-even provinsi dan meraih penghargaan yang membanggakan bagi Melawi,” harapnya.

Sementara itu, pada 21 November 2018 sejumlah cabor lainnya masih bertanding di sejumlah kategori. Seperti pada cabor kempo, silat, karate, basket serta lainnya.

Reporter: Dedi Irawan

Redaktur: Andry Soe