Bupati Ketapang Tutup MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten

Penutupan MTQ. Bupati Ketapang Martin Rantan bersama bersama Wakil Bupati H. Suprapto Sutrisno dan Forkopimda Ketapang membunyikan sirine sebagai tanda ditutupnya MTQ XXVII tingkat Kabupaten Ketapang, Sabtu (12/10/2019) malam. Muhammad Fauzi/eQuator.co.id

*Kafilah Delta Pawan Kembali Raih Juara Umum

KETAPANG-eQuator.co.id. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang berakhir. Secara resmi ditutup oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos, Sabtu (12/10/2019) malam.

Penutupan yang dilakukan di mimbar utama MTQ ke XXVIII  ditandai penekanan sirine oleh Bupati bersama Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Suprapto Sutrisno dan Forkopimda Ketapang. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba. Rangkaian malam penutupan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars MTQ. Kemudian dilanjutkan dengan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang, H. Ichwan Pohan, S.Ag. M.Pd.

Setelahnya, dilanjutkan dengan laporan Edi Junaidi S.Sos, sebagai  Ketua Panitia. Diteruskan sambutan Ketua Umum LPTQ Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si yang diwakili Ketua harian LPTQ Kabupaten Ketapang, H.Arifin Na’im. Kemudian pembacaan surat Keputusan Dewan Hakim tentang pemenang lomba MTQ XXVIII tahun 2019 di Ketapang dan sekaligus pembacaan Surat Keputusan Ketua Umum LPTQ Kabupaten Ketapang tentang penetapan juara umum MTQ ke XXVIII tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2019  yang disampaikan Sekretaris Dewan Hakim MTQ H. Arifinsyah, S.Sos.I.

Kafilah Kecamatan Delta Pawan ditetapkan sebagai juara umum dengan total poin  61. Disusul Kafilah Kecamatan Benua Kayong sebagai peringkat kedua dengan poin 52, Kecamatan Matan Hilir Utara juara ketiga dengan poin 30. Kecamatan Manismata poin 23, dan Kecamatan Sandai poin 22. Setelah nama-nama pemenang diumumkan, dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran oleh Tarmizi Taher, pemenang juara MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang golongan dewasa putra.

Bupati Ketapang saat membacakan sambutan tertulisnya mengaku bersyukur bahwa dalam dua tahun sekali, Pemerintah Kabupaten bersama pengurus LPTQ Kabupaten telah mengagendakan penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten ketapang. Ia berharap, MTQ  jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial. Tetapi hendaknya dijadikan momentum untuk lebih memperdalam pengetahuan dan pemahaman terhadap ajaran agama Islam melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran. Sehingga Alquran dapat diimplementasikan dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya mengajak kepada umat Islam khususnya dan masyarakat Kabupaten Ketapang pada umumnya, untuk bersama-sama membangun daerah ini menjadi lebih baik,” tegas Martin Rantan.

Selain itu, ia juga mengajak bersama-sama menjaga kerukunan. Baik internal umat beragama, maupun antarumat beragama dengan pemerintah. Bupati menyakini dengan semangat kerukunan Kabupaten Ketapang akan menjadi lebih maju dan sejahtera.

Kepada peserta yang telah berhasil meraih prestasi dalam MTQ kali ini, atas nama Pemkab Ketapang mengucapkan selamat. Ia juga berharap agar para peserta jangan merasa puas atas prestasi yang telah diraih. Tetapi hendaknya dijadikan motivasi untuk terus berlatih secara maksimal dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Sehingga dapat meraih prestasi lebih baik lagi saat mengikuti MTQ ke 28 tingkat Priopinsi Kalbar tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sekadau.

Sementara bagi peserta yang belum berhasil meraih prestasi, Bupati mengatakan tidak perlu berputus asa. Tetapi hendaknya pengalaman ini dijadikan pembelajaran untuk mengukur kekurangan dan kelemahan yang ada. Namun harus disertai usaha untuk terus belajar, sehingga akhirnya dapat meraih prestasi terbaik pada MTQ di masa akan datang.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus LPTQ  Kabupaten Ketapang, para Dewan Hakim, Panitia, serta semua pihak yang telah mendukung  dalam mensukseskan penyelenggaraan MTQ pada tahun ini. Selanjutnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan official yang telah ikut berpartisipasi aktif dalam mengikuti MTQ tahun ini. Semoga segala usaha kita akan menjadi amal ibadah,” kata Martin Rantan. (uzi/*)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!