Bunda, Ajarkan Buah Hati Bahasa Inggris Mulai dengan Mengeja Huruf

13

eQuator.co.id – Sejak kecil, bunda selalu mengajarkan huruf demi huruf saat anak mulai belajar membaca. Setelah sudah mengenal huruf, maka anak mulai merangkai kata. Maka tak ada salahnya mencoba hal yang sama saat mengajarkan anak Bahasa Inggris.

Dari mulai cara membaca atau melafalkan huruf dalam Bahasa Inggris tentu berbeda dengan Bahasa Indonesia. Menggunakan gambar tentu akan lebih mudah bagi anak.

Mengeja dalam Bahasa Inggris disebut SpellingSpelling adalah seni untuk menggabungkan secara benar sebuah kata dari huruf-huruf yang membentuknya. Keterampilan ini akan membantu menguatkan hubungan yang ada antara suara dan huruf.

“Oleh karenanya, Spelling merupakan pondasi dasar keterampilan bahasa Inggris yang memiliki peran penting dan berdampak positif terhadap keterampilan lainnya seperti Listening, Reading dan Writing,” kata Marketing Director EF English First for Kids & Teens Erditya Arfah, dalam keterangan tertulis, Rabu kemarin.

Menurutnya, kemampuan mengeja dapat membantu siswa lebih percaya diri dalam segala aspek dari literasi. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mengeja, membaca, menulis saling berhubungan erat dan telah terbukti membantu meningkatkan pemahaman atau comprehension skills.

Studi yang dilakukan oleh L.C. Ehri untuk the Scientific Study of Reading juga menemukan bahwa instruksi mengeja dapat meningkatkan kemampuan membaca. Sebab, membangun pengetahuan pelajar akan alphabetic system yang digunakan dalam membaca.

Karena itu, EF English First Centers for Kids and Teens mengajak siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama unjuk kemampuan dan keterampilan mengeja kata dalam bahasa Inggris melalui EF Spelling Bee. Kompetisi ini terbuka untuk umum, terbagi dalam 4 grup yakni, 3 grup untuk Sekolah Dasar; Grup A (kelas 1-2), B (kelas 3-4), C (kelas 5-6) dan Grup D untuk tingkat SMP (kelas 7-9).

Ditargetkan total 15 ribu peserta akan mengikuti kompetisi regional di seluruh center EF di 34 kota yang berlangsung hingga 11 November 2018. Sebanyak 600 peserta yang lolos di tingkat regional akan maju ke kompetisi tingkat nasional untuk merebut 3 pemenang dari masing-masing grup, pada 25 November mendatang di SMESCO Indonesia, Jakarta.

“Melihat urgensi ini, kami mengajak siswa-siswi SD dan SMP untuk menguji dan meningkatkan keterampilan tersebut. Selain itu, tentunya kegiatan ini juga kami tujukan untuk membangun kepercayaan diri mereka melalui sebuah kompetisi yang memiliki skala nasional. Sekarang siswa siswi sudah bisa mendaftar untuk kompetisi ini melalui www.ef.id/spellingbee2018,” tutupnya.

(JawaPos.com/JPG)