Bukan Rumah Sakit Kampret

20
HOAX

eQuator.co.id – MENJELANG datangnya tahun politik, kemampuan digital imaging yang dimiliki netizen sering disalahgunakan. Contohnya foto editan papan nama rumah sakit jiwa ”Kampret” berikut ini. Ternyata, papan nama itu diedit dari sebuah rumah sakit jiwa di Medan.

”Persiapan rumah sakit jiwa 2019 untuk para kampret. Salam Waras. #JKW2P#2019TetepJokowi.” Begitu tulis akun Facebook Ririen (fb.com/wong.cilacap.526) pada 24 Juli kemarin. Dari pengecekan di internet, ternyata papan nama rumah sakit itu aslinya bernama Mahoni. Lokasinya di Medan.

Ternyata, sebelum diedit dengan nama rumah sakit jiwa Kampret, papan nama tersebut juga pernah disebarkan dengan tulisan rumah sakit jiwa Cebong. Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) saat itu pernah mengungkap fakta tersebut.

Meski terdengar konyol, banyak juga yang memercayai nama rumah sakit jiwa itu. Buktinya, hingga kemarin, posting-an Ririen sudah dikomentari 83 orang. Tak ada yang menegaskan bahwa posting-an Ririen tersebut hoax. (Jawa Pos/JPG)