Brunei Darussalam Timba Ilmu Kelola Masjid di Kota Khatulistiwa

Mujahiddin

eQuator – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menerima kunjungan rombongan dari Masjid Pengiran Muda Abdul Malik, Kampong Tungku Katok, Mukim Gadong A Negara Brunei Darussalam. Rombongan yang dipimpin Imam H Abdul Aziz ini diterima Wakil Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, di ruang rapat Walikota Pontianak, Kamis (3/12).

“Kedatangan kami ke Pontianak selain bersilaturrahmi juga dalam rangka untuk menggali pengalaman bagaimana pengelolaan masjid dan pondok pesantren di sini,” ujar Imam H Abdul Aziz.

Diakuinya, kendati di Brunei Darussalam tidak terdapat pesantren-pesantren, namun pihaknya akan melihat langsung bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di pesantren itu. Rombongan yang berjumlah 45 orang ini juga akan mengunjungi Masjid Raya Mujahidin. “Kami berharap bisa menimba ilmu dari pengelolaan masjid-masjid di sini untuk diterapkan di negeri kami,” ucapnya.

Pontianak dipilih menjadi tujuan kunjungan negera tetangga ini, lantaran dinilai sebagai negara serumpun dan berdekatan. Bahkan, kunjungan ini akan menjadi agenda rutin dari pengurus Masjid Pengiran Muda Abdul Malik di masa mendatang. “Kami juga akan memberikan sumbangan bagi tempat-tempat yang kami kunjungi,” paparnya.

Wakil Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan, maksud dan tujuan muhibah ini adalah ingin melihat langsung bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan, khususnya Islam. “Intinya mereka ingin melihat suasana kehidupan masyarakat Kota Pontianak. Kita menyampaikan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan terutama Islam. Seperti jumlah masjid, kegiatan hari-hari besar Islam dan lainnya,” ulasnya. (agn)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.