Besok Launching SIM Online

PELAYANAN SIM. Sat Lantas Polresta Pontianak yang ditunjuk sebagai Satpas SIM Online seluruh Indonesia, siap melayani program SIM yang di-launching Minggu (6/12). ACHMAD MUNDZIRIN

eQuator – Pontianak-RK. Minggu (6/12) sekitar pukul 06.30, Polda Kalbar dan Polresta Pontianak me-launching pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online di Stadion Syarif Abdurrahman.

Bukan tentang pendaftaran secara online, namun pelayanan yang diberikan oleh kepolisian mempermudah warga Kota Pontianak dan Kubu Raya ketika memperpanjang jangka berlaku SIM, ketika berada di luar Kalbar. Misalnya para pemuda dan pemudi Kalbar menimba ilmu di Jakarta. Ketika SIM mereka mati, tidak perlu lagi pulang ke Pontianak untuk memperpanjang SIM, cukup di Jakarta. “Ini pelayanan yang super mudah dan tidak membebani warga,” jelas Kompol Ferdiansyah, Kasubdit Regident Dit Lantas Polda Kalbar, Jumat (4/12).

Pelayanan Online ini dilakukan, karena data base pemilik SIM yang terdata di Polresta Pontianak, sudah menyatu dengan 44 Satuan Polres lainnya di Indonesia. Begitu juga warga Jakarta di Kalbar, dapat memperpanjang SIM di Polresta Pontianak.

“Total Satuan Pelaksana (Satpas) SIM online di Indonesia ada 45 Satpas. Termasuk di Kota Pontianak,” jelas Kompol Ferdiansyah.

Di Pontianak sendiri, ada tiga titik pelayanan SIM online. Sat Lantas Polresta Pontianak, mobil SIM keliling dan Polda Kalbar. Sesuai Undang Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, setiap pengendara wajib memiliki SIM yang masih berlaku.

Dan ini pelayanan terbaru program Mabes Polri. Kebetulan Polresta Pontianak menjadi salah satu dari 45 Satpas yang diturutsertakan. “Saya minta masyarakat Kota Pontianak dan Kubu Rata menghadiri launching tersebut, sehingga memahami dan dapat menggunakan pelayanan SIM online ini,” harap Kompol Ferdiansyah.

Di Jakarta, launching dibuka Presiden dan Kapolri. Kalau di sini Gubernur dan Kapolda. Launching SIM online juga diikuti dengan berbagai kegiatan. Diantaranya pelayanan SIM, pembayaran pajak kendaraan (Samsat keliling). Pelayanan SKCK dan pelayanan Disdukcapil. “Silakan datang ke launching. Pelayanan dimulai pukul 06.30 selesai pukul 17.00. Kita pelayanan full di sana untuk masyarakat,” ungkapnya. (zrn)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.