eQuator – Putussibau-RK. Aktivitas pengurusan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu kian meningkat, tetapi tidak didukung fasilitas bangunan kantor yang refresentatif.
“Kita lihat setiap hari kantor selalu dipadati masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan,” ungkap Kepala Bidang Informasi Kependudukan, Disdukcapil Kapuas Hulu, Drs Luther SL MSi, Selasa (5/1) di ruang kerjanya.
Kondisi bangunan pada Disdukcapil Kapuas Hulu sangat terbatas. Sehingga tidak mampu menampung jumlah masyarakat ketika mengurus administrasi kependudukan. “Kalau di sini yang sangat memperihatinkan kantornya, fasilitas tidak memadai seharusnya sudah diganti. Idealnya pelayanan kependudukan ada loket memanjang, tidak seperti sekarang dari Capil, Info Kependudukan, Informasi belum tertata,” kata Luther.
Dikatakan Luther, pihaknya sudah mengajukan perencanaan pembangunan kantor baru. Namun sampai sekarang belum ada kelanjutan. Sehingga, solusi sementara pihaknya akan melakukan rehab ringan dan pembuatan lokel pelayanan baru pada bagian depan kantor. “Maka jangka pendek rencana tahun ini, di depan mau dibuka lokal baru atau rehab ringan. Jadi bisa dua loket untuk tempat pelayanan, KTP elektronik (KTP-el) dan Pencatatan Sipil. Parkirnya kita alihkan dekat stadion,” ucapnya.
Menurut mantan pegawai pada Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kapuas Hulu ini, dua bidang seperti KTP dan Pencatatan Sipil merupakan bagian vital yang cukup signifikan dilayani petugas Disdukcapil. “Apalagi KTP-el sekarang semua wajib memilikinya, seperti untuk pembuatan SIM, BPJS, registrasi Bank dan lainnya,” papar Luther.
Ia berharap dengan penambahan dua lokal yang representatif nantinya, pelayanan administrasi kependudukan lebih baik. “Sehingga pelayanan yang kita berikan bisa memuaskan masyarakat dan kita sebagai petugas disini bisa bekerja maksimal,” tutup Luther. (dRe)