Atlet Mempawah Juara 10K Dispora Kalbar

421
ilustrasi. net

eQuator – Mempawah. Nyon Sui Fat (Afat), atlet Kabupaten Mempawah berhasil menjadi jawara pada Lomba Lari 10 Kilometer (10K), Minggu (8/11) di Kota Pontianak. Lomba ini digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalbar untuk memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan Hari Sumpah Pemuda.

Afat menjuarai nomor bergengsi umum putra. Hanya butuh waktu 31 menit bagi atlet lari jarak jauh andalan Kalbar ini untuk menang. “Sebelum mengikuti kejuaraan ini, saya sudah mempersiapkan diri selama tiga bulan di Mempawah. Lawan yang dihadapi tangguh-tangguh, tapi saya bisa finish di urutan pertama,” ujarnya gembira sekaligus bangga.

Menurut Afat, kejuaraan yang digelar Dispora sangat positif untuk memotivasi atlet. Dia berharap, perlombaan tersebut menjadi agenda tetap tahunan. Afat mengaku rutin mengikuti berbagai lomba lari jarak jauh di berbagai tempat, bahkan hingga keluar Indonesia, seperti di Malaysia. “Kejuaraan ini sangat baik. Harapan saya lebih sering lagi digelar, agar potensi atlet terus berkembang,” harapnya.

Kepala Dispora Kalbar, Syawal Bondoreso mengatakan 10K Dispora digelar dengan bersinergi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. “Sehingga tidak hanya olahraga prestasi, tetapi juga menggabungkan kegiatan olahraga dan kepemudaan,” ucapnya.

Menurut Syawal, kegiatan yang telah dua kali digelar oleh Dispora Kalbar akan menjadi agenda tahunan. “Kejuaraan ini kami batasi 2.000 peserta, dan hanya untuk masyarakat Kalbar. Sebelumnya lomba ini untuk se-Indonesia. Ini merupakan yang kedua kalinya, dan tahun depan kami akan gelar lagi, juga khusus untuk masyarakat Kalbar. Tentunya akan lebih inovatif dan menarik,” ungkapnya.

Ribuan warga mengikuti Lomba 10K Dispora Kalbar. Jauhnya jarak yang harus ditempuh menyebabkan banyak peserta gagal mencapai finish. Selain kejuaraan lari, masyarakat juga mengikuti perlombaan olahraga rekreasi sebagai hiburan. Pada akhir kegiatan juga disiapkan hadiah kejutan untuk peserta, yang diundi berdasarkan nomor peserta yang mengikut lomba.

 

Reporter: Ari Sandy

Redaktur: Yuni Kurniyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here